Sukses

Lifestyle

5 Cara Menguatkan Diri saat Masalah Datang Silih Berganti

Fimela.com, Jakarta Bertahan di masa sulit tak pernah mudah. Saat masalah datang silih berganti, rasanya kita seakan dibuat babak belur. Rasanya dunia sudah runtuh dan hidup ini tak layak untuk diperjuangkan kembali. Kita pun sudah kehilangan semangat dan energi.

Saat masalah datang silih berganti, menguatkan diri menjadi sebuah pilihan terbaik. Setidaknya dengan memastikan kita cukup kuat menjalani semua yang ada, kita bisa melakukan upaya terbaik untuk menemukan solusi atau jalan keluar dari setiap permasalahan yang ada. Ada beberapa cara dan hal yang bisa kita coba untuk bisa menguatkan diri kita. Apa saja caranya? Simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Terima Realitas yang Ada

Mengutip laman inc.com, penerimaan bukan berarti persetujuan. Dalam hal menerima realitas yang ada maksudnya adalah kita mengakui realitas yang kita hadapi ini nyata dan benar adanya. Setidaknya dengan menerima realitas ini, kita tak lagi membuang-buang waktu untuk terus berandai-andai atau menyalahkan diri dan keadaan. Menerima realitas yang ada akan membuka mata kita soal hal-hal yang masih ada dalam kendali diri kita.

2. Fokus dengan Hal-Hal yang Masih dalam Kendali Diri

Setelah mencoba menerima realitas yang ada, kita bisa fokus dengan mengendalikan hal-hal yang masih bisa kita upayakan. Saat kita tak bisa mengontrol situasi, maka kita perlu fokus mengontrol diri. Masalah yang datang silih berganti bisa saja di luar kendali diri kita. Namun, kita selalu bisa untuk mengurai setiap masalah dan mencoba untuk menyelesaikannya satu per satu sesuai kemampuan kita.

 

3. Hindari Tindakan yang Melukai Diri

Ada kalanya rasanya kita ingin menghilang saja dari dunia ini karena tidak sanggup menghadapi masalah yang datang silih berganti. Meskipun memang sulit sekali menghadapi situasi yang ada, tetapi cobalah untuk tetap melangkah ke depan. Lakukan hal-hal yang bisa kita upayakan untuk memperbaiki keadaan tanpa harus melukai diri sendiri. Segalanya sudah sulit bagi kita, maka tetaplah berbaik hati pada diri sendiri yang sudah memilih berjuang hingga detik ini.

 

4. Kurangi Pikiran Negatif

Pikiran negatif dan prasangka buruk bisa saja membanjiri benak kita saat kita dihadapkan pada masa sulit. Saat muncul pikiran negatif, akui itu tapi setelah itu coba luruhkan dengan menghadirkan sudut pandang yang lebih positif. Monolog diri yang terlalu negatif hanya akan melemahkan mental kita. Maka, cobalah untuk menciptakan "mantra" positif yang bisa diulang setiap kali merasa sulit untuk melangkah.

 

5. Berterima Kasih pada Diri yang Sudah Bertahan

Kita memang tak sempurna. Banyak hal yang tak bisa kita lakukan dan bereskan dengan baik. Masih banyak kesalahan dan kekurangan yang kita ciptakan. Meskipun begitu, kita sudah melakukan semua yang terbaik dan itu lebih dari cukup. Berterima kasihlah pada diri yang masih memilih untuk melakukan yang terbaik dalam hidup ini. Masalah yang datang silih berganti tak ubahnya batu loncatan untuk membuat kita tumbuh jadi pribadi yang lebih bijak dan dewasa lagi.

Apa pun masalah yang sedang kita hadapi saat ini, semoga kita bisa menemukan jalan keluar terbaik, ya. Saat merasa begitu lelah, tak apa untuk menepi dan beristirahat. Bagaimana pun kita sudah mengupayakan yang terbaik, dan ini sudah jadi bukti kuat bahwa kita adalah perempuan luar biasa.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading