Sukses

Lifestyle

Lakukan 4 Kebiasaan Sederhana Ini untuk Ubah Kehidupanmu

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu sedang berada dalam fase merasakan rutinitas hidupmu sangat monoton? Hidup seperti berjalan dalam mode autopilot. Kamu hanya menjalani hidup karena waktu terus berjalan. Tidak ada hal yang baru atau sesuatu yang menarik perhatianmu. Jika kamu sedang berada dalam fase ini, maka kamu bisa mencoba melakukan 4 kebiasaan sederhana untuk memberi sedikit warna di kehidupanmu. Berikut 4 kebiasaan sederhana yang bisa membantu meningkatkan kualitas hidupmu.

1. Tulis hal yang kamu syukuri setiap hari

Apakah kamu pernah mengalami sebuah kejadian atau peristiwa yang sangat berarti hingga kamu ingin mengingat hal tersebut selamanya? Jika iya, maka ini saatnya kamu harus mulai menuliskan hal-hal tersebut. Kita tidak bisa hanya bergantung pada ingatan kita untuk mengingat berbagai hal atau peristiwa berharga yang terjadi di hidup kita. Waktu terus berjalan dan perlahan-lahan akan melupakan kenangan-kenangan indah tersebut. Selain itu, sebuah studi juga menjelaskan bahwa menulis hal-hal positif sebelum tidur mampu menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kualitas tidur serta hubungan dengan orang lain.

2. Luangkan waktu untuk bersih-bersih

Saat ini, hal yang mungkin menghambatmu dari membersihkan kamar adalah berapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk membersihkan semua kekacauan di kamarmu. Kamu tidak harus langsung membersihkan semuanya sekaligus. Luangkan waktu setidaknya sepuluh menit setiap hari untuk membersihkan kamarmu. Dalam sepuluh menit, kamu bisa menyapu ruangan atau merapikan kembali  tumpukan baju di lemari. Jangan lupa untuk dilakukan secara konsisten, ya!

3. Rawat kulit dan tubuhmu

Ternyata kondisi kulit mampu menunjukkan perasaan dan kondisi mental kita secara tidak langsung, loh! Menurut Richard G. Fried, seorang psikolog dan dermatologis, kulit iritasi, rambut rontok, serta kuku yang bertekstur ternyata mampu memengaruhi perasaan dan kondisi mental seseorang, begitupula sebaliknya. Perubahan fisik yang tidak diinginkan ini akan membuat kondisi hati menjadi buruk dan hal tersebut akan memperburuk kondisi kulit, rambut, dan kuku yang bermasalah. Oleh karena itu, kita harus mulai merawat dan memberi perhatian lebih pada kesehatan kulit dan tubuh demi kondisi mental kita juga.

4. Buat rutinitas yang efektif

Apakah kamu pernah memulai hari dengan merasa lelah dan tidak memiliki motivasi? Jika iya, maka ini bisa menjadi pertanda bahwa rutinitas mu sehari-hari berjalan kurang maksimal dan efektif. Rutinitas pagi hari seharusnya mampu menstimulasi tubuh dan pikiranmu agar kamu memiliki energi yang cukup untuk menjalankan kegiatan selama satu hari tersebut. Kamu bisa menyesuaikan rutinitas pagi hari sesuai dengan kondisimu, contohnya kamu bisa memulai hari dengan membaca atau menonton berita terbaru, berjalan santai, atau mendengarkan podcast sembari bersiap-siap. Untuk rutinitas malam, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan yang mampu membuat tubuhmu lebih rileks setelah melalui hari yang panjang. Contohnya, membaca, menulis jurnal, atau menonton series kesukaanmu sambil bersiap-siap untuk tidur.

Selamat mencoba ya Sahabat Fimela.

 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading