Sukses

Lifestyle

4 Penyebab Ponsel Tidak Bisa Melakukan Panggilan, Begini Solusinya

Fimela.com, Jakarta Meskipun kini aktivitas virtual lewat ponsel terpusat pada media sosial, tetap saja dalam kondisi tertentu kita akan membutuhkan fitur panggilan telepon. Ya, dulu sebelum media sosial belum ramai seperti sekarang, pasti kamu sering menggunakan fitur pesan dan telepon, bukan? 

Biasanya orang-orang akan melakukan panggilan telepon lewat ponsel untuk urusan-urusan genting dan penting. Komunikasi via telepon juga masih dianggap sebagai bentuk komunikasi yang formal, mengingat belum tentu semua orang lihai dalam menggunakan media sosial. 

Lalu, bagaimana jika ponselmu tiba-tiba tidak bisa melakukan panggilan telepon? Kondisi seperti ini bisa saja terjadi dan dipicu oleh berbagai hal. 

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 4 penyebab ponsel tidak bisa melakukan panggilan beserta solusinya. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab Ponsel Tidak Bisa Melakukan Panggilan

1. Pembatasan Panggilan Keluar

Ponsel kamu tidak bisa melakukan panggilan? Bisa saja hal ini disebabkan karena kamu tidak senagaja mengaktifkan fitur Fixed Dialing Number (FDN). FDN merupakan layanan mode dari kartu SIM yang dpaat membatasi panggilan keluar dalam ponselmu 

2. Sinyal atau Jaringan yang Bermasalah

Penyebab yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi buatmu. Ya, masalah sinyal atau jaringan yang buruk memang dapat membuat ponsel tidak berfungsi dengan maksimal. 

Saat jaringan atau sinyal melemah, kamu tidak bisa melakukan telepon atau kirim pesan keluar. Tidak hanya telepon keluar, telepon masuk pun juga tidak bisa.

Jaringan atau sinyal yang kurang bagus bisa disebabkan oleh cuaca buruk seperti hujan atau memang di wilayah area rumah kamu sedang terdapat gangguan jaringan.

3. Adanya Gangguan Provider

Selain masalah sinyal, gangguan pada provider kartu SIM yang kamu pakai juga bisa membuat ponsel tidak bisa melakukan panggilan keluar. 

Kalau sudah seperti ini, artinya dari pusat atau provider-lah yang bermasalah. Biasanya gangguan provider disebabkan oleh kerusakan pada kabel jaringan sehingga panggilan masuk maupun keluar sama-sama bermasalah. 

4. Kartu SIM Rusak

Terakhir, kartu SIM yang rusak juga dapat membuat ponsel tidak bisa melakukan panggilan keluar. Tanpa kamu sadari, kebiasaan melepas pasang kartu SIM pada ponsel bisa membuat chip pada kartu SIM menjadi rusak. 

Selain itu faktor lain kartu SIM bisa rusak karena kartu kamu sudah berumur atau kartu keluaran lama, artinya kamu perlu sekali ke provider yang kamu pergunakan untuk membuat kartu yang baru.

Solusi Mengatasi Ponsel yang Tidak Bisa Melakukan Panggilan

1. Melakukan Restart Ponsel 

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan saat ponsel tidak bisa melakukan panggilan keluar adalah melakukan restart. Terkadang langkah me-restart ini bisa menjadi solusinya.

2. Menghapus Cache pada Sistem Ponsel

Cache adalah data yang tersimpan di ponsel, tetapi data ini bersifat sementara dan biasanya disimpan pada penyimpanan internal. 

Cara kerja cache adalah mencatat setiap aplikasi yang pernah kamu buka di ponsel. Karena itu terkadang tanpa di sadari, tambah lama data yang tersimpan semakin banyak dan itu membuat memori ponsel menjadi penuh. 

Jika sudah begitu, maka kinerja ponsel akan tersendat hingga menimbulkan crash atau bug. Crash atau bug inilah yang terkadang menjadi penyebab ponsel tidak bisa melakukan panggilan keluar. 

Oleh karena itu agar internal memori kembali normal, kamu perlu lakukan clear cache secara berkala, agar ponsel tidak terlalu sering eror.

3. Memeriksa Kualitas Jaringan

Berikutnya, kamu bisa memeriksan kualitas jaringan dengan melihat tanda sinyal yang ada pada layar ponsel. Biasanya berada di ujung kanan atas layar ponsel. Jika tidak ada tanda sinyal sama sekali, artinya jaringan di lokasi kamu berada saat ini kurang bagus. Maka dari itu, kamu bisa memantau jaringan lewat ponsel, jika sudah berada di lokasi yang jaringannya bagus, maka fitur telepon pasti akan berfungsi kembali. 

4. Menonaktifkan FDN 

Langkah terakhir ini adalah mencoba menonaktifkan FDN pada ponsel, jika memang FDN sedang dalam kondisi aktif. Caranya mudah saja, kamu hanya perlu mengecek pengaturan pada ponsel lalu cari pengaturan FDN dan matikan aktivasinya. Jika belum jelas, kamu bisa mencari langkah-langkahnya di internet karena biasanya tiap ponsel memiliki pengaturan yang berbeda-beda. 

Setelah melakukan beberapa langkah diatas, maka masalah ponsel yang tidak bisa melakukan panggilan bisa teratasi dan selesai dengan cepat. Semoga informasi ini dapat membantu, ya. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading