5 Cara Kuatkan Diri Lebih Sabar Lagi Hadapi Ujian Hidup

Endah Wijayanti02 Mei 2022, 13:45 WIB
Diperbarui 02 Mei 2022, 13:45 WIB
ramadan 2021 dan membandingkan diri

Fimela.com, Jakarta Ujian hidup bisa bermacam-macam. Ada banyak hal yang tak bisa kita atasi sendiri. Bahkan saat satu masalah selesai, bisa muncul masalah baru yang tak kalah sulit dan beratnya. Saat kita seakan sudah menemui jalan buntu menghadapi persoalan hidup, maka bersabar menjadi pilihan paling bijak.

Cuma masalahnya untuk bersabar seringkali lebih mudah teorinya daripada praktiknya. Untuk bisa lebih bersabar lagi, ada beberapa hal dan langkah sederhana yang bisa kita lakukan. Beberapa cara ini bisa dicoba.

 

 

 

1. Terima Hal yang Tak Sejalan dengan Keinginan

ramadan 2021 dan menjadi relawan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Bangkok+Click+Studio

Mengutip buku Kosakata Keagamaan, hampir seluruh keadaan dan situasi yang dihadapi manusia membutuhkan kesabaran, karena situasi dan keadaan tersebut tidak keluar dari dua kemungkinan. Pertama, sejalan dengan kecenderungan jiwa manusia. Kedua, tidak sejalan dengan kecenderungan jiwa manusia. Untuk bisa lebih kuat bersabar, kita perlu menerima hal-hal yang sejalan dengan keinginan. Agar kita tak terbebani atau merasa berat dengan hal-hal yang semestinya kita pikirkan.

2. Mengeluh Seperlunya

ramadan 2021 dan tujuh tahun ramadan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/prasetyobie

Idealnya kita tidak boleh mengeluh saat bersabar. Namun, jika rasanya segalanya terasa berat untuk dipikul dan dihadapi, mengeluhlah tapi seperlunya. Bukan berarti harus mengumbar semua keluhan dan komplain, tetapi lepaskan hal-hal yang tak mengenakkan di hati dengan cara secukupnya.

3. Menguatkan Pegangan Hidup

ramadan 2021 dan menguatkan diri dengan doa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Color4260

Perihnya cobaan dan ujian hidup bisa membuat kita merasa sangat tak berdaya. Bahkan membuat kita kehilangan arah. Untuk itu, kita perlu menguatkan pegangan hidup kita lagi. Dari sisi agama, kita bisa memperkuat keimanan kita kepada Yang Maha Kuasa. Dari sisi spiritual, kita bisa menguatkan diri melalui hal-hal yang bisa menghadirkan rasa nyaman dan tenang.

 

4. Selesaikan Masalah Satu Per Satu

ramadan 2021 dan pengalaman ramadan tahun ini
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/airdone

Yang membuat kita kewalahan saat menghadapi ujian hidup kadang adalah karena ada begitu banyak hal yang harus diatur dan dibereskan. Sehingga membuat kita tertekan dan stres. Di sini, kita bisa coba menyelesaikan masalah satu per satu. Sehingga bisa memiliki cukup kekuatan untuk bertahan melewati setiap ujian kehidupan.

5. Lapangkan Hati

ramadan 2021 dan masalah ujian hidup
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Kdonmuang

Kesempitan di dalam dada perlu kita lapangkan lagi. Luaskan semua perasaan dan emosi. Hadirkan sudut pandang baru ketika menghadapi sebuah ujian kehidupan. Anggap saja beratnya ujian kehidupan adalah cara untuk menempamu jadi pribadi yang lebih baik dan dewasa lagi.

Semoga apa pun masalah dan ujian kehidupan yang sedang kita hadapi saat ini bisa kita atasi dengan baik, ya. Yakin saja bahwa setelah kesulitan pasti ada kemudahan, dan semua sudah memiliki takaran waktu yang tepatnya sendiri.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela