5 Cara Nyaman Mengatur Waktu Bekerja di Musim Liburan

Endah Wijayanti03 Mei 2022, 19:45 WIB
Diperbarui 03 Mei 2022, 19:45 WIB
perempuan dan tetap kerja

Fimela.com, Jakarta Masih harus bekerja di musim liburan? Kadang karena kebutuhan, kita masih harus bekerja di saat yang lainnya sudah berlibur. Bahkan kita perlu merelakan waktu berlibur supaya bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Agar lebih nyaman saat bekerja di musim liburan, kita perlu memiliki kemampuan manajeman waktu yang lebih baik. Bagi yang masih bisa bekerja dari rumah atau fleksibel di mana saja, punya kemampuan mengatur waktu dengan baik ini sangatlah penting. Sehingga bekerja jadi lebih nyaman dan produktif lagi.

 

1. Tulis Jam Mulai Kerja

aku uang dan sebagai freelancer
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/wichayada+suwanachun

Siapkan buku catatan atau kertas khusus untuk menuliskan jam mulai kerja. Dengan mengetahui jam mulai kerja, kita bisa lebih mudah mengondisikan banyak hal. Mengetahui kapan kita akan mulai bekerja membuat kita bisa lebih mudah mempersiapkan diri. Sehingga kita terhindar dari kebiasaan menunda-nunda.

2. Buat Daftar Pekerjaan

aku uang dan jatuh bangun bisnis
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/nengnatee

Buat daftar tugas, pekerjaan, atau rapat yang perlu dipenuhi. Tulis dan buat slot waktu untuk masing-masing pekerjaan tersebut. Bekerja di musim liburan membuat kita gampang kehilangan fokus. Maka dari itu, memiliki daftar pekerjaan menjadi salah satu cara efektif untuk menjaga konsentrasi bekerja dan tidak mudah kewalahan menyelesaikan semua tanggung jawab pekerjaan.

 

3. Tentukan Waktu Istirahat

aku uang dan ibu rumah tangga
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/tuaphoto

Waktu istirahat juga perlu ditentukan supaya kita tidak gampang stres saat bekerja. Waktu istirahat bisa digunakan untuk makan, jalan-jalan sebentar, atau bahkan tidur. Melihat orang-orang pergi berlibur sementara kita masih "terjebak" dengan pekerjaan memang bisa memicu stres. Namun, dengan punya waktu istirahat yang cukup kita bisa lebih menyeimbangkan aktivitas kita.

4. Tetapkan Waktu Selesai Bekerja

aku uang dan beasiswa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/xmee

Ada waktu mulai bekerja, maka ada waktu mengakhiri pekerjaan. Tetapkan juga waktu untuk berhenti bekerja. Apalagi kalau masih ada kesibukan lain yang perlu dipenuhi dan diselesaikan, jadi penting juga menetapkan waktu selesai bekerja ini.

5. Buat Jadwal untuk Keesokan Hari

aku uang dan mandiri finansial
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/weedezign

Bila perlu, buat jadwal untuk bekerja di keesokan hari. Kalau daftar pekerjaan masih banyak dan ada sejumlah tenggat lain yang perlu dipenuhi, maka kita perlu mengalokasikan waktu yang cukup untuk tiap jenis pekerjaan tersebut. Selesaikan pekerjaan satu per satu sesuai dengan tenggat dan prioritas, maka kita tak akan merasa kewalahan lagi.

Bagi yang masih harus bekerja di musim liburan, tetap semangat ya. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan diri juga.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela