Sukses

Lifestyle

5 Cara Lebih Kuat Jalani Hidup Melalui Berdamai dengan Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Pernah merasa dirimu sendiri adalah musuh terbesarmu? Seperti ketika kita bisa dengan mudah memaafkan orang lain, tetapi memaafkan diri sendiri rasanya sulit untuk dilakukan. Atau ketika kita bisa mencintai orang lain dengan sepenuh hati, tapi terhadap diri sendiri kita masih sering membenci.

Berdamai dengan diri sendiri menjadi hal penting untuk bisa jalani hidup yang lebih bahagia. Saat kita sudah bisa menerima diri dengan utuh dan berdamai dengan diri sendiri, kita bisa lebih mudah membuat perubahan-perubahan positif dalam hidup. Dari situ kita bisa merasa lebih bahagia dan senantiasa merasa cukup. Berikut ini lima hal yang bisa dilakukan untuk bisa mengusahakan hidup yang lebih bahagia saat kita berdamai dengan diri sendiri.

 

1. Maafkan Kesalahan Diri

Tak ada manusia yang sempurna. Kita pun pernah berbuat salah. Terima realitas bahwa kita juga manusia. Kita juga membuat kesalahan, tapi bukan berarti kita akan hidup memikul kesalahan tersebut seumur hidup. Maka, coba maafkan. Maafkan diri yang pernah berbuat salah.

2. Berbaik Hati saat Merasa Kewalahan Hadapi Masalah

Saat kita merasa kewalahan atau sangat kesulitan dalam menghadapi sebuah masalah atau persoalan, kita bisa lebih berbaik hati lagi pada diri sendiri. Daripada terus menerus menuntut dan menekan diri untuk bisa melakukan segalanya serba sempurna, tak apa sesekali mengambil jeda dan beristirahat sejenak. Istirahat dan menenangkan diri merupakan hal penting yang dibutuhkan untuk bisa bertahan di masa sulit.

 

3. Lakukan Hal yang Bisa Hadirkan Senyuman

Untuk bisa bahagia, kita perlu memilih untuk menjadi bahagia. Caranya bisa dengan melakukan hal yang bisa membuat kita tersenyum atau merasakan kepuasan batin. Berdamai dengan diri sendiri bukan berarti pasrah saja dengan keadaan. Namun, kita bisa lebih mendorong dan menyemangati diri untuk melakukan hal-hal yang bisa membuat hati gembira.

4. Terima Semua Realitas yang Tak Bisa Diubah

Ada kenyataan yang tak sesuai harapan? Terima dengan ikhlas. Ada impian yang gagal diwujudkan? Coba untuk ganti arah dan pilihan. Ada hal-hal yang terjadi di luar dugaan dan keinginan kita? Terima apa adanya. Dengan menerima realitas yang tak bisa diubah, kita bisa lebih tenang dan berdamai dengan diri sendiri.

 

5. Kurangi Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Sudahi kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain. Sayangi diri apa adanya, dan terus bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu. Sebab tiap kali kita membandingkan diri dengan orang lain, level kebahagiaan kita bisa makin turun.

Sudah siap untuk menjalani hidup yang lebih bahagia? Semoga berdamai dengan diri sendiri bisa menghadirkan lebih banyak kebahagiaan dalam hidupmu, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading