Sukses

Lifestyle

5 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri dengan Hidup Sederhana

Fimela.com, Jakarta Untuk bisa lebih percaya diri, kita perlu mengusahakannya. Ada banyak cara untuk meningkatkan rasa percaya diri. Bahkan dari hal-hal sederhana kita pun bisa menjadi pribadi yang makin percaya diri.

Gaya hidup sederhana atau keseharian hidup yang sederhana pun bisa menjadi titik awal untuk meningkatkan rasa percaya diri. Tak harus dengan pencitraan berlebihan untuk bisa lebih makin percaya diri. Berikut ini lima cara yang bisa dicoba untuk meningkatkan kepercayaan diri melalui kesederhanaan.

 

1. Kenali Diri

Melansir laman minimalismmadesimple.com, langkah pertama untuk membangun karakter yang kuat adalah mengenali diri sendiri. Mengenali kelebihan, kekurangan, nilai-nilai, dan target hidup sendiri. Saat kita sudah bisa mengenali diri dengan baik, karakter kita akan lebih kuat dan ini bisa membuat kita lebih percaya diri.

2. Pacu Diri untuk Terus Belajar

Hidup sederhana bukan berarti menutup diri. Justru kita jadi makin punya banyak waktu dan ruang untuk belajar hal-hal baru. Makin banyak pelajaran atau hal-hal yang kita pelajari, makin meningkat rasa percaya diri kita. Sebab kita jadi memahami lebih banyak hal, dan kalau pun ada masalah kita masih bisa mencoba untuk tidak gampang panik.

 

3. Asah Kreativitas

Ciptakan karya seni. Buat dan selesaikan sebuah proyek. Hadirkan ide-ide baru. Mengasah daya kreativitas bisa membuat kita lebih bersemangat dalam menjalani keseharian, dan hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri kita. Kesederhanaan yang kita punya membuat kita rendah hati, dan memacu kita untuk terus mencoba hal baru.

4. Pahami bahwa Jalan Hidup Orang Berbeda-beda

Kadang kita minder karena merasa hidup kita jauh di bawah orang lain. Bahkan ketika kita mulai membandingkan diri dengan orang lain, kita jadi makin ciut. Padahal jalan hidup orang berbeda-beda. Bagi kita yang terbiasa hidup sederhana, kita bisa lebih banyak mensyukuri hal kecil yang ada di sekitar kita. Makin banyak bersyukur, makin meningkat rasa percaya diri kita.

 

5. Tampil Sesuai Kenyamanan Diri

Soal penampilan, kita bisa lebih fokus pada kenyamanan diri tanpa mengesampingkan kebutuhan atau situasi yang ada. Tidak memaksakan diri berpenampilan "wah" dengan cara berutang, misalnya. Tetap sesuai dengan kemampuan diri. Saat kita sudah bisa tampil sesuai kenyamanan diri, rasa percaya bisa hadir dengan sendirinya.

Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, apa saja hal yang bisa bantu meningkatkan rasa percaya diri? Silakan berbagi pendapat dan sudut pandang masing-masing, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading