Doa Menyambut Malam Lailatul Qadar, Malam Penuh Ampunan dan Kebaikan

Mimi Rohmitriasih22 Apr 2022, 08:15 WIB
Diperbarui 22 Apr 2022, 08:15 WIB
masjid

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa. Dan yang membuatnya semakin istimewa adalah datangnya satu malam di bulan Ramadan yang lebih baik dari seribu bulan. Malam yang penuh ampunan, limpahan kebaikan dan rahmat dari Allah SWT untuk umatnya yang senantiasa taat serta patuh padaNya. Malam yang sangat istimewa itu adalah malam Lailatul Qadar

Dilansir dari berbagai sumber, malam Lailatul Qadar merupakan malam yang istimewa dan kedatangannya menjadi misteri tersendiri. Tidak ada yang tahu kapan tepatnya malam ini datang. Namun, para ulama meyakini bahwa malam Lailatul Qadar datang di satu malam di sepuluh malam terakhir bulan Ramadan.

Lailatul Qadar di 10 Hari Terakhir bulan Ramadan

Lailatul Qadar
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Rasulullah SAW, menganjurkan umat Islam untuk mencari Lailatul Qadar pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Diriwayatkan dari Aisyah, ia berkata, "Rasulullah senantiasa ber'itikaf pada 10 hari terakhir Ramadan dan beliau bersabda, 'Raihlah lailatul Qodar pada 10 hari terakhir'." (H.R. Tirmidzi).

Hadis riwayat lain menjelaskan bahwa malam Lailatul Qadar akan datang di malam ganjil di sepuluh hari terakhir Ramadan. Malam ganjil tersebut adalah malam 21, 23, 25, 27 dan 29. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa malam ini bisa datang kapan saja bahkan di sepuluh hari pertama, kedua atau hari dengan malam genap di bulan Ramadan. Ini mengingat bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam yang misteri dan dirahasiakan kedatangannya.

Kapan 10 Malam Terakhir Ramadan di Tahun 2022?

Malam Lailatul Qadar
Ilustrasi Masjid Credit: pexels.com/David

Tahun ini, 10 malam terakhir Ramadhan 2022 dimulai pada Kamis, 21 April 2022 atau Jumat, 22 April 2022. Di malam yang mulia ini, umat muslim diminta untuk memperbanyak amal ibadah. Umat muslim juga diminta untuk membaca doa yang bisa mendatangkan syafaat serta ampunan untuknya . 

Selain diminta memperbanyak berdoa, umat muslim juga diminta untuk lebih banyak mendirikan salat tahajud, beri’tikaf di masjid, dzikir, membaca Al-Quran, bersedekah dan menyantuni anak yatim. Umat muslim juga diminta untuk menjaga perbuatan maupun ucapan agar tidak menyakiti orang lain. 

Doa Menyambut Malam Lailatul Qadar

Berdoa
Ilustrasi Berdoa Credit: pexels.com/pixabay

Ada satu doa yang sangat dianjurkan untuk diperbanyak dibaca untuk menyambut malam Lailatul Qadar. Doa tersebut adalah, “Allahumma innaka afuwwun tuhibbul afwa fa’fu anni,” yang artinya, “ Ya Allah, sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha Pemaaf. Engkau suka memaafkan, maka maafkanlah aku.”

Mengingat begitu besar pahala dari beribadah di bulan Ramadan dan malam Lailatul Qadar, pastikan untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadan kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalakannya.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela