Sukses

Lifestyle

7 Tradisi Lebaran yang Pasti Dinantikan di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Lebaran sudah semakin dekat. Tahun ini akan menjadi Lebaran yang cukup istimewa setelah dua tahun absen akibat pandemi.

Pemerintah mulai memperbolehkan masyarakat untuk kembali melakukan deretan tradisi Lebaran bersama keluarga dengan syarat sudah vaksinasi. Membuat perayaan Lebaran tahun kembali terasa lengkap dan meriah.

Di Indonesia ada sejumlah tradisi yang kerap dilakukan masyarakat Indonesia saat Lebaran. Apa saja?

 

1. Mudik

Salah satu hal yang dinantikan menjelang lebaran adalah mudik. Banyak masyarakat di Indonesia yang merantau ke ibu kota. Karena kesibukannya, mereka tidak bisa terlalu sering pulang.

Bahkan banyak dari kita yang hanya bisa kembali ke kampung halaman satu tahun sekali dengan mengandalkan cuti tahunan. Karena itu, waktu lebaran akan menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk pulang kampung ke halaman bertemu orang tua dan sanak saudara. Maka wajar, momen mudik lebaran menjadi waktu tersibuk di segala jenis transportasi. Semua orang karena melakukan perjalanan secara serentak.

 

2. Halal bi Halal

Saat hari lebaran tiba, Halal bi halal menjadi momen yang tepat untuk bermaaf-maafan dan menjaga silaturahmi ke antar sesama. Berkunjung ke ruman orang tua, om, tante, nenek, kakek, hingga tetangga. Meskipun sekarang tidak bisa melakukan halal bi halal secara langsung karena pandemi, teman kesayanganns masih bisa menjalani halal bihalal melalui video call.

 

3. Menyantap makanan khas lebaran

Tak akan lengkap rasanya jika lebaran tanpa makanan khas yang tersaji di meja makan. Biasanya saat lebaran tiba, teman kesayanganns akan menemukan sajian ketupat dengan sayur godok, rendang, sambal goreng kentang, aneka soto, opor, hingga gulai.

 

4. Berbagi THR

THR atau Tunjangan Hari Raya adalah sejumlah uang yang biasanya diterima saat lebaran tiba. Biasanya didapatkan dari perusahaan tempat seseorang bekerja. Tapi jangan lupa teman kesayanganns! Para sepupu kecil, keponakan, hingga cucu juga ikut antri untuk menerima THR dari kamu.

 

5. Beli baju lebaran

Saat menjelang lebaran tiba, biasanya masyarakat membeli baju lebaran. Di hari yang suci dan fitri, rasanya ingin semuanya serba baru, hati yang lebih bersih, suci, dan diwakilkan dengan pakaian yang juga baru. Maka dari itu, momen lebaran pasti menjadi momen tersibuk di pusat perbelanjaan.

 

6. Mengantar hantaran ke sanak saudara

Situasi pandemi tidak akan menghentikan teman kesayanganns untuk berbagi hantaran ke rumah keluarga. Dengan adanya kurir paket, kamu bisa mengirimkan hantaran melalui mereka. Selain membantu memudahkan kamu untuk mengurangi kontak fisik, juga membantu para kurir mencari nafkah.

 

7. Menyediakan kue khas lebaran

Selain ketupat, ada berbagai macam kue kering juga tersaji saat lebaran. Misalnya kue Putri Salju, Kastengel, Sagu Keju, hingga Lapis Legit. Kue ini juga selalu tertata cantik di meja tamu. Kalau tidak ada kue-kue ini rasanya lebaran jadi kurang berkesan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading