Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Mati Rasa Emosional yang Sering Terjadi Saat Marah

Fimela.com, Jakarta Mati rasa emosional merupakan sebuah keadaan dimana kita tidak dapat meraakan atau bahkan mengekspresikan diri secara emosional, mati rasa emosional ini juga menjadi bentuk proses mental dan emosional untuk menutup perasaan yang dialami.

Cukup sering perasaan mati rasa yang kita alami akan bersifat sementara, akan tetapi bagi sebagian orang mati rasa emosional menjadi strategi untuk melindungi diri dari rasa sakit emosional atau fisik. Selain itu seseorang terkadang menggambarkan hal ini karena sebagai perasaan kosong dalam diri.

Mati rasa emosional merupakan sebuah penyakit mental lain seperti depresi, gangguan stress pasca trauma, atau penyalahgunaan zat. Ketika kamu mengalami sesuatu yang traumatis mungkin otak akan mematikan ingatan dan perasaan yang cukup intens. Berikut beberapa penyebab mati rasa secara emosional yang mungkin kamu alami:

1. Kecemasan

Seseorang yang didiagnosis dengan gangguan kecemasan mungkin akan mengalami mati rasa secara emosional sebagai suatu respons terhadap tingkat stress yang mereka alami, seperti ketakutan, atau kekhawatiran yang berlebihan.

2. Gangguan Kepribadian Borderline

Seseorang dengan gangguan kepribadian borderline mungkin juga akan mengalami periode pelapasan emosional atau mati rasa, selain itu mereka mungkin akan mengalami perasaan yang bukan milik mereka.

3. Kesedihan

Saat mengalami kesedihan dan keterpurukan terkadang kita akan mengalami perasaan putus asa atay terputus dari emosi, seperti perasaan mati rasa dengan suatu hal yang tidak dapat menggambarkan emosional.

4. Obat-Obatan

Mati rasa secara emosional juga dapat menjadi efek samping dari beberapa obat yang mengobati depresi dan kecemasan, selain itu jika kamu mengkonsumsi antidepresan dan merasa mati rasa secara emosional maka sangat penting untuk periksa ke dokter agar menyesuaikan dengan dosis obat yang akan kamu konsumsi.

5. Stres

Mati rasa emosional juga dapat disebabkan oleh tingkat stress yang sangat tinggi, jika kamu sedang merasa snagat lelah secara mosional atay fisik mungkin akan merasakan mati rasa secara emosional.

Ada berbagai pilihan perawatan yang tersedia dan dapat membatu kamu untuk mengurangi dan mengetahi sejauh mana mencoba untuk melarikan diri. Jika kamu mengalami beberapa hal diatas ada baiknya untuk menemui terapis atau psikologis untuk mengetahui perasaanmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading