Sukses

Lifestyle

3 Hal Seputar Self Love yang Harus Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Konsep self love atau mencintai diri sendiri adalah sebuah kebutuhan yang harus dimiliki setiap orang agar dapat hidup lebih bahagia. Saat kita sudah mencintai diri sendiri, kita mulai bisa melihat kualitas dan nilai dari diri kita sendiri. Hal tersebut tentu akan memunculkan berbagai sifat, perilaku, bahkan pola pikir yang lebih positif. Untuk mencintai diri sendiri, kita perlu melalui proses yang panjang dan tidak mudah. Tetapi, hal tersebut bukan berarti bahwa kita tidak bisa mencintai diri sendiri. Kita pasti bisa mencintai diri sendiri dan hidup lebih bahagia.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai self love:

1. Mencintai diri sendiri membutuhkan sebuah proses dan usaha

Mencintai diri sendiri adalah salah satu tahap perubahan dan pertumbuhan yang akan dialami seseorang dalam kehidupannya. Sebagaimana proses kehidupan lainnya, proses mencintai diri sendiri pun tentu tidak akan cepat dan mudah. Kamu pasti akan mengalami berbagai hal yang terkadang membuatmu ingin menyerah dalam berusaha mencintai diri sendiri. Tetapi, kamu perlu ingat bahwa mencintai diri sendiri adalah salah satu cara yang dapat membuatmu hidup lebih bahagia. Oleh karena itu, jangan pernah menyerah untuk berusaha mencintai diri sendiri. Kamu pasti bisa mencintai diri sendiri dan hidup lebih bahagia. Semangat, sobat Fimela!

2. Mencintai diri sendiri bukan berarti egois

Saat ini kita hidup dalam lingkungan yang beranggapan bahwa memprioritaskan diri sendiri sama dengan egois. Padahal, tidak ada yang salah jika kamu memprioritaskan diri sendiri sebagai salah satu usaha untuk mencintai diri sendiri. Walaupun terkadang realita hidup tidak semanis apa yang kita bayangkan, tetapi kunci kebahagiaan tetap ada pada diri kita sendiri. Orang lain tidak bertanggung jawab atas kebahagiaanmu, begitupula sebaliknya. Sebagai usaha mencintai diri sendiri, sebisa mungkin kamu harus memprioritaskan kebahagiaanmu dan dirimu sendiri. Oleh sebab itu, kamu jangan merasa egois jika kamu harus berubah agar kamu dapat lebih mencintai dirimu sendiri.

3. Mencintai diri sendiri adalah kunci untuk hubungan yang sehat

"Cintailah dirimu sendiri sebelum kamu mencintai orang lain." adalah sebuah kutipan yang cukup terkenal mengenai mencintai diri sendiri dan tidak ada yang salah dari kutipan tersebut. Jika kamu mencintai orang lain atau menerima cinta dari orang lain terlebih dahulu sebelum kamu bisa mencintai diri sendiri, maka hal tersebut sama dengan kamu menyakiti dirimu sendiri dan orang tersebut. Hubungan yang dijalin tanpa adanya self love diantara orang-orang di dalam hubungan tersebut tidak akan berakhir baik dan merupakan salah satu bentuk hubungan yang tidak sehat. Hubungan yang dimaksud tidak hanya hubungan romantis, tetapi juga hubungan pertemanan, keluarga, dan lain-lain. 

Apakah kamu sudah mencintai diri sendiri?

Jadi, apakah kamu sudah mencintai diri sendiri? Jika kamu sudah mencintai diri sendiri, maka pertahankan rasa cinta itu agar terus ada dan tumbuh semakin kuat. Jangan biarkan rasa cinta terhadap dirimu sendiri hilang bersama kesedihan dan kesulitan yang akan kamu alami dalam kehidupan. Lalu jika kamu belum mencintai diri sendiri, maka percayalah kamu tidak sendiri dan tidak ada kata terlambat untuk mulai mencintai diri sendiri.

Mulailah proses mencintai diri sendiri dengan percaya pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa dan berhak untuk hidup lebih bahagia. Jangan batasi dirimu sendiri dan jangan terlalu keras pada dirimu sendiri karena pada akhirnya dirimu sendirilah yang paling bisa kamu percaya dan membuatmu bahagia. Jadi, jangan berhenti berusaha mencintai diri sendiri, ya!

 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading