Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Layar Ponsel Tidak Bisa Disentuh, Begini Solusinya

Fimela.com, Jakarta Ponsel layar sentuh kini memang sudah menjadi trend. Berbeda dengan generasi ponsel sebelumnya yang masih menambahkan keypad untuk mengetik. 

Ponsel layar sentuh memang lebih terlihat praktis dan membuat desain ponsel menjadi lebih ramping. Sayangnya, fitur yang satu ini juga punya kelemahan. 

Dalam kondisi tertentu, layar sentuh pada ponsel bisa saja tidak berfungsi. Ada banyak pemicunya, salah satunya jika ponsel terkena air yang menyebabkan ponsel mengalami korsleting pada sistem operasinya. 

Penyebab lainnya akan dibahas selengkapnya di bawah ini. Dilansir dari beragam sumber, berikut Fimela.com kali ini telah merangkum 5 penyebab layar ponsel tidak bisa disentuh beserta solusinya: 

Penyebab Layar Ponsel Tidak Bisa Disentuh

1. Ponsel Terkena Air

Penyebab pertama layar ponsel tidak bisa disentuh ialah karena ponsel telah terkena air. Pasalnya, ponsel merupakan perangkat yang tidak tahan air sehingga akan menjadi masalah jika terkena air hujan atau tercebur.

Saat air masuk ke dalam ponsel, maka dapat menyebabkan korsleting pada sistem operasinya sehingga layar ponsel tidak bisa disentuh. Sekalipun bisa, biasanya layarnya akan berkedip atau layar ponel secara otomatis bergerak sendiri. 

2. Ponsel Terjatuh 

Ponsel yang terjatuh atau terbentur akan mengalami cacat fisik yang bisa menyebabkan layarnya tidak bisa disentuh. Maka dari itu, disarankan agar kamu segera mengecek kondisi fisik ponsel setelah terjatuh untuk memastikannya. Jika tidak ada kerusakan sama sekali, layar akan bisa kembali berfungsi dan akan bisa merespon sentuhan dari jari dengan baik.

3. Akibat Lama Pemakaian

Kanag jika sudah nyaman dengan satu ponsel, biasanya kita akan sukar untuk mengganti atau membeli ponsel yang baru. Sayangnya pemakaian yang terlalu lama dapat menyebabkan fitur layar sentuh pada ponsel jadi tidak berfungsi dengan baik. 

Sebab, pada dasarnya, setiap perangkat elektronik termasuk ponsel biasanya memiliki masa pemakaian kurang lebih 3 tahun sebelum akhirnya mengalami kendala secara terus menerus. Penurunan kemampuan dan kualitas juga bisa terjadi pada layar ponsel sehingga tidak lagi responsif terhadap sentuhan.

4. RAM paad Ponsel Sudah Penuh

Agar smartphone mampu bekerja dengan optimal, perhatikan dua komponen penting yaitu RAM dan ROM. Dengan keterbatasan kapasitas pada RAM, maka pastikan kamu hanya menggunakan aplikasi yang memang dibutuhkan saja.

Aplikasi terpasang pada smartphone tentu memakan ruang penyimpanan. Lambat laun, kapasitas RAM akan semakin penuh. Hal ini berdampak pada layar dan salah satunya adalah hang.

Pada akhirnya, smartphone sama sekali tidak bisa merespon sentuhan. Ini tentu sangat mengganggu sehingga membuat para penggunanya merasa tidak nyaman.

5. Ponsel Tertekan Benda Berat

Tanpa sadar, kamu mungkin sering menaruh ponsel secara sembarang hingga perangkat ini tertindih atau tertekan benda berat lainnya. Kebiasaan buruk ini sebaiknya perlu kamu ubah karena ponsel yang tertekan oleh benda lain yang lebih berat dapat menyebabkan kerusakan pada layar. 

 

Cara Mengatasi Layar Ponsel yang Tidak Bisa Disentuh

Saat layar sentuh ponsel tidak bisa berfungsi dengan baik, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya, diantaranya: 

1. Membersihkan Layar Ponsel

Ponsel yang biasa digunakan sehari-hari biasanya rawan terkontaminasi kotoran yang menempel dan menumpuk sehingga menyebabkan beberapa masalah pada layar ponsel.

Cara membersihkannya pun cukup praktis, kamu hanya perlu menggunakan kain yang berserat lembut atau tisu dengan sedikit air. Usapkan kain basah tersebut perlahan lahan di semua permukaan layar ponsel.

2. Mencoba Menekan Layar Ponsel secara Perlahan

Meski terdengar sederhana, tapi banyak yang membuktikan bahwa cara mengatasi layar hp iphone tidak bisa disentuh terbilang efektif. Tujuannya adalah untuk mengencangkan bagian layar hp yang longgar.

Untuk melakukan cara satu ini, kamu tidak membutuhkan alat apapun. Hanya perlu menekan layar dan casing tapi lakukan dengan hati-hati. Untuk bagian layar yang tidak berfungsi, kamu bisa menggunakan ibu jari. 

3. Bersihkan Pemakaian RAM secara Berkala

Pemakaian RAM berpengaruh pada responsibilitas layar hp. Semakin penuh kapasitas RAM, semakin lambat respon layar sentuh pada ponsel. 

Jika demikian, maka bersihkan pemakaian RAM. Umumnya, sistem operasi pada ponsel menawarkan cara mudah membersihkan sisa file dalam RAM. Saat menjalankan pembersihan, perangkat bahkan bisa mendeteksi file duplikat yang bisa kamu hapus salah satu atau keduanya.

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading