Sukses

Lifestyle

5 Tips Agar Rumah Tetap Aman Selama Ditinggal Mudik

Fimela.com, Jakarta Setelah dua kali lebaran pemerintah melarang mudik lebaran karena pandemi yang tak kunjung usia, kali ini pemerintah mengizinkan mudik dengan syarat tetap jaga protokol kesehatan ketat. Buat Sahabat Fimela yang sudah dua kali lebaran tak mudik, apakah lebaran kali ini siap untuk mudik dan berkumpul bersama keluarga cinta di kampung halaman? 

Mudik menjadi aktivitas yang terbilang sangat asik dan mengesankan. Meski begitu, kamu harus tetap waspada dan hati-hati saat mudik. Meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama untuk mudik harus diperhatikan dengan seksama. Ini demi menjaga keamaan rumah seisinya. Mengingat rumah akan kosong dalam beberapa hari ke depan. 

Agar rumah tetap aman selama ditinggal mudik, ada beberapa tips yang penting kamu perhatikan. Apa sajakah itu? Simak yang berikut ini. 

1. Kebersihan Rumah

Ketika meninggalkan rumah untuk mudik, pastikan bahwa rumah dalam keadaan bersih. Kosongkan bak sampah yang ada di rumah, sapu dan pel lantai rumah. Rapikan benda-benda yang ada di rumah. Rumah yang bersih akan lebih aman dari serangga maupun tikus. Ini juga akan membuat kamu tak terlalu lelah saat nanti kamu kembali pulang ke rumah. 

2. Listrik, Air dan Gas

Pastikan untuk mencabut aliran listrik yang tak diperlukan. Cabur aliran listrik pada TV, AC, Lemari es dan alat elektronik lainnya. Ini demi meminimalisir terjadi korsleting listrik yang sangat fatal akibatnya. Nyalakan listrik hanya pada yang diperlukan seperti aliran listrik lampu teras. Saat meninggalkan rumah untuk mudik, usahakan untuk tetap menyalakan lampu teras rumah. 

Matikan juga kran air dan gas pada kompor. Jangan lupa untuk mengosongkan bak mandi agar bak mandi tidak menjadi sarang bertelur nyamuk. Kalau tak ingin mengosongkan bak mandi, kamu bisa menutup rapat bak mandi atau tempat air di dalam rumah.

3. Simpan Barang Berharga di Tempat Paling Aman

Usahakan untuk menyimpan barang berharga di tempat paling aman. Simpan emas, surat-surat berharga atau benda berharga lainnya di tempat yang dinilai paling aman dan tidak mudah diketahui oleh orang lain. 

4. Kunci Pintu dan Jendela

Kunci pintu dan jendela rumah dengan baik. Mengunci pintu dan jendela akan membuat rumah lebih aman karena tidak semua orang bisa masuk dengan mudah ke dalam rumah. Kunci juga gerbang rumah. 

5. Titipkan Rumah ke Tetangga atau Penjaga Kompleks Perumahan

Saat meninggalkan rumah untuk mudik, usahakan untuk menitipkan rumah ke tetangga atau penjaga kompleks perumahan yang ada. Minta tetangga atau penjaga untuk turut mengawasi rumah selama ditinggal mudik. Dengan cara ini rumah akan lebih aman dan terjaga meski penghuninya sedang tidak ada di dalamnya. 

Itulah beberapa tips rumah tetap aman selama ditinggal mudik lebaran. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat menyambut datangnya lebaran dan menikmati libur yang cukup panjang. Hati-hati saat perjalanan mudik, tetap patuhi dan jaga protokol kesehatan karena pandemi belum usai. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading