Sukses

Lifestyle

Ketahui Penyebab Tabung Gas Meledak Beserta Tips Pencegahannya

Fimela.com, Jakarta Banyak orang kini beralih dari kompor minyak ke kompor gas. Bukan tanpa sebab, pemakaian kompor gas lebih mudah dibanding kompor minyak. 

Sayangnya, ada pula kelemahan atau risiko yang perlu dihadapi saat menggunakan kompor gas, yakni potensi tabung gas bocor dan meledak. Hal ini bisa terjadi jika penggunanya tidak memperhatikan pemasangan regulator. 

Tabung gas yang meledak dapat menyebabkan kecelakaan bahkan kematian. Maka dari itu, sebagai penggunanya, kamu perlu tahu faktor apa saja yang menyebabkan tabung gas meledak serta cara untuk mencegahnya. 

Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas penyebab tabung gas meledak beserta tips pencegahannya. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

 

Penyebab Tabung Gas Bocor dan Meledak

Tabung gas yang meledak disebabkan oleh adanya penumpukan gas di udara dan hal ini terjadi karena kebocoran gas. Sementara itu, kebocoran pada tabung gas sendiri dapat terjadi karena selang dan keran penutup tabung tidak dipasang dengan rapat. 

Selain itu, penggunaan selang yang tidak sesuai standar keamanan yang dianjurkan juga bisa memicu terjadinya ledakan pada tabung gas. Hal lain yang kerap tidak disadari oleh banyak pengguna kompor gas ialah lokasi dapur yang tertutup. Pasalnya, dapur tertutup dapat menjadi pemicu tabung gas meledak. 

Dapur yang tertutup akan membuat sirkulasi udara di bagian bawah dapur menjadi tidak lancar, alhasil gas akan tertahan di ruangan kemudian bercampur dengan udara sehingga dapat menghasilkan ledakan. Sebab, gas yang sudah terakumulasi di udara sangat sensitif dengan percikan api sehingga hal ini akan memicu ledakan yang besar. 

 

Tips Pencegahan agar Tabung Gas Tidak Meledak

Lalu, bagaimana cara untuk mencegah terjadinya ledakan pada tabung gas? Tenang, kamu tidak perlu panik karena ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mencegah tabung gas meledak dan kamu tetap bisa menggunakannya dengan aman. 

1. Menggunakan alat sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI)

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ialah dengan memastikan bahwa tabung gas beserta alat lainnya sudah sesuai dengan standar SNI. Alat-alat seperti regulator atau selang tabung gas perlu dicek, begitu jug dengan kompor gas yang kamu gunakan. 

Kemudian, setelah memastikan alat yang digunakan sesuai standar keamanan, kamu juga perlu melakukan perawatan dan dihimbau agar kamu tidak teledor saat menggunakan selang tabung gas. 

2. Pastikan semua peralatan sudah terpasang dengan erat

Cara pemasangan alat-alat pada tabung gas juga perlu kamu perhatikan. Pastikan semua alat sudah terpasang dengan erat dan benar. Sebab, tabung gas yang benar pemasangannya tidak akan mudah bocor.

3. Mengatur Ventilasi Dapur

Ventilasi dapur yang buruk dapat menyebabkan ledakan pada tabung gas. Maka dari itu, kamu perlu mengatur ulang letak ventilasi pada dapur agar tidak tertutup. Dengan ventilasi yang baik, maka gas gas bisa keluar dari dapur dan tidak bercampur udara dapur. Sebab, campuran gas yang sensitif akan panas dan mudah meledak.

4. Jauhkan Tabung Gas dari Sumber Panas

Berikutnya, tips lainnya yang perlu kamu perhatikan ialah menjauhkan tabung gas dari sumber panas. Disarankan agar kamu tidak meletakkan tabung sejajar kompor atau di atas kompor.

Sebaiknya kamu menaruh tabung di bawah kompor dengan jarak agak jauh. Hal ini penting dilakukan agar tabung tidak terpapar api yang bisa memicu terjadinya ledakan. Lebih baik lagi jika tabung diletakkan pada kabinet bawah kompor.

Ladies, itulah penjelasan penyebab tabung gas meledak beserta tips sederhana yang bisa kamu terapkan di rumah untuk mengantisipasi kebocoran pada tabung gas. Semoga informasi ini membantu, ya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading