Sukses

Lifestyle

Apa Penyebab AC Tidak Dingin yang Sering Terjadi? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Saat panas di siang hari tentu kipas angin menjadi salah satu alternatif paling mudah untuk mendinginkan ruangan, tak hanya kipasangin ternyata AC yang menjadi pilihan yang tepat agar ruangan menjadi lebih dingin setiap saat. Akan tetapi tidak semua orang memiliki AC karena harga yang cukup mahal dan perawatan yang cukup sulit.

Tetapi ketika kamu memiliki AC tentu akan mengalami beberapa masalah pada AC, seperti bagian filter yang kotar, atau AC yang tidak dingin. Untuk masalah ini akan membuat kita kesal terlebih saat cuaca sedang panas dan AC tidak dingin sama sekali, masalah ini tidak dapat kita atasi sendiri.

Beberapa masalah AC yang tidak dingin dapat disebabkan oleh feel there yang tersumbat, kotoran, atau beberapa masalah pada kondensor AC. Jika kamu mengalami beberapa masalah pada bagian AC ada baiknya untuk memanggil teknisi agar mendapatkan bantuan secepatnya, berikut beberapa penyebab AC tidak dingin yang sering terjadi:

1. Unit Luar yang Tidak Terawat

Unit luar ruangan tentu membutuhkan lebih banyak perawatan karena mendapatkan semua paparan sinar matahari, hujan, dan kotoran. Jika AC tidak dingin seperti sebelumnya mungkin ada baiknya kamu memeriksa unit outdoor, dan pastikan untuk memiliki aliran udara yang baik dengan menghilangkan gulma dan rumput atau apapun yang menghalangi aliran udara.

Jika masih ada masalah pada bagian tersebut kemungkinan unit tidak dapat melepaskan panas karena tumpukan atau puing-pusing dan dapat membersihkan sendiri atau hubungi teknisi.

2. Unit Tidak Terpasang

Jika unit AC baru saja dipasang tidak berfungsi dengan baik ada kemungkinan hal ini karena terlalu kecil atau terlalu besar ruangan yang kamu miliki. Jadi, daripada memilih unit tercanggih yang ada di pasaran ada baiknya untuk menambah jumlah jendela atau menggunakan kipas angin sebagai solusinya.

3. Filter yang Tersumbat

Ketika udara tidak dapat mengalir masuk dan keluar dengan baik dari unit AC tentu udara tidak akan sedingin itu. Jadi jika AC semakin panas ada bakarnya kamu untuk menjaga aliran udara. Salah satu caranya dengan memastikan filter udara bersih, jika kamu menemukan adanya yang tersumbat oleh kotoran coba untuk membersihkan dengan singkat.

4. Refrigeran Rendah

Penyebab di balik AC yang tidak dingin adalah kekurangan refrigeran atau Freon, saat refrigeran bersikulasi bersama udara tentu ruangan akan terisi dengan udara sejuk. Jika freon unit hampir habis maka udara yang masuk ke kamar tidak akan sedingin sebelumnya, jadi jika hal ini terjadi pada AC yang kau miliki ada baiknya untuk menghubungi teknisi agar mengisi ulang refrigeran.

5. Termistor yang Rusak

AC kamu akan bekerja dengan mencapai suhu yang telah kamu atur menggunakan remote, setelah kamu menetapkan angka dengan remote tentu termistor akan mengirimkan sinyal yang mengoperasikan unit untuk mendinginkan ruangan. Jika termistor rusak tentu tidak ada sinyal yang dikirim dan suhu ruangan tidak akan berubah, jika hal ini terjadi hubungi teknisi AC untuk memperbaiki termistor.

AC yang tidak dingin tentu membuat kita kesal terutama saat kita membutuhkan AC untuk dinyalakan, tetapi kamu dapat mengecek pada bagian filter yang tersumbat atau kotoran yang tersangkut. Terlebih saat kamu mengalami kebocoran pada AC panggilah teknisi untuk mengatasi masalah tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading