5 Bukti Dirimu Perempuan Berjiwa Dewasa meski Tak Banyak Bicara

Endah Wijayanti27 Mei 2022, 11:15 WIB
Diperbarui 27 Mei 2022, 11:15 WIB
menutup hati

Fimela.com, Jakarta Menjadi perempuan dewasa sudah menjadi semacam kebutuhan sendiri di era modern seperti sekarang ini. Dengan makin banyaknya tantangan dan masalah baru yang datang silih berganti, memiliki jiwa dewasa akan sangat membantu kita mengatasi setiap persoalan yang ada.

Kali ini kita akan membahas soal sosok perempuan yang sebenarnya berjiwa dewasa meski dalam keseharian tak banyak bicara. Biasanya di balik sikap tenang seorang perempuan, ada jiwa dewasa yang dimilikinya. Tanda-tanda atau buktinya bisa dilihat melalui hal-hal berikut ini.

 

1. Tidak Memaksakan Kehendak Pribadi

aku uang dan perempuan santai
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Tong_stocke

Kamu tidak egois. Tidak pernah memaksakan kehendak atau keinginan pribadi. Kamu punya kepekaan atau sensitivitas sendiri terkait melibatkan orang lain untuk bisa memiliki kualitas hidup yang lebih baik bersama-sama. Bahkan kamu rela mengorbankan sesuatu demi membantu atau meringankan beban orang lain.

2. Selalu Menepati Janji

aku uang dan beasiswa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/xmee

Dalam berjanji atau membuat janji, kamu senantiasa berhati-hati. Sebab kamu tak ingin melanggar atau mengingkari janji. Setiap janji yang kam buat, kamu tepati dengan sebaik mungkin. Kalau ada janji yang terlewat atau tak bisa dipenuhi, kamu selalu mengabari lebih dulu atau mengomunikasikannya langsung.

 

3. Menghabiskan Waktu untuk Hal Produktif

childhood dan desa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Danai+J

Ada saatnya istirahat atau rehat. Ada saatnya mengerahkan semua tenaga dan waktu untuk bekerja keras. Kamu berupaya menjalani rutinitas atau melakukan aktivitas yang produktif. Setidaknya, ada hal yang berhasil dibuat atau dihasilkan dari kegiatanmu. Perkataan selalu selaras dengan tindakan.

4. Mengerjakan Tiap Hal Sampai Rampung

childhood dan majalah
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/KiattisakLamchan

Saat melakukan sesuatu, kamu sungguh mengerjakannya dengan baik. Menuntaskan dan merampungkannya sebaik mungkin. Tidak cuma banyak omong tapi lebih memilih untuk lebih banyak bergerak dan menuntaskan sesuatu. Meski hasilnya tak selalu sempurna, tapi setidaknya kamu punya kesadaran penuh untuk selalu bertanggung jawab atas setiap hal yang kamu lakukan.

 

 

5. Tidak Terlena dengan Standar Hidup Orang Lain

childhood dan jayapura
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/VitalyRomanovich

Kamu tidak terobsesi membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kamu menyadari dengan sepenuhnya bahwa masing-masing orang punya standar hidupnya sendiri. Orang lain bahagia, kamu ikut bahagia untuknya sementara pada saat yang bersamaan kamu juga menciptakan kebahagiaanmu sendiri.

Itu tadi lima tanda atau bukti seorang perempuan punya jiwa dewasa versi Fimela. Kalau menurutmu sendiri, faktor apa yang paling memengaruhi kedewasaan seseorang?

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela