5 Cara Elegan Menghadapi Orang Bermuka Dua

Endah Wijayanti13 Mei 2022, 13:15 WIB
Diperbarui 13 Mei 2022, 13:15 WIB
perempuan cuek

Fimela.com, Jakarta Ada orang di dekatmu yang bermuka dua? Seperti seseorang yang mengatakan sesuatu yang sangat berbeda ketika berada di depanmu dan di belakangmu. Ucapannya tidak konsisten dan dia cenderung menjadi sosok yang mudah sekali berpura-pura.

Menyikapi dan menghadapi orang bermuka dua bisa membuat kita cukup tertekan. Ingin tetap bersikap baik seperti biasa padanya tapi bikin sakit hati. Namun, mau langsung mengoreksi sikapnya nanti disangka terlalu sok tahu. Well, walau tidak mudah tapi ada sejumlah cara sederhana yang bisa dicoba untuk menghadapi orang bermuka dua dengan lebih elegan.

 

 

 

1. Cari Tahu Faktanya

beda pendapat medsos
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRPicturesProduction

Yang kamu kita hadapi adalah orang bermuka dua yang bisa sangat lihai berpura-pura dan memutarbalikkan fakta. Untuk bisa "menang" ketika berhadapan dengannya adalah kita perlu tahu fakta atau kebenaran yang ada. Sehingga ketika ia mulai mengada-ada, kita bisa menanggapinya dengan fakta yang tak bisa disanggah.

2. Tanggapi Secukupnya

surat ayah dan kehebatannya
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/K-Angle

Mengutip buku The Comfort Book, diri kita bukanlah orang-orang lain. Diri kita adalah diri kita. Kita tidak punya kendali atas orang lain. Kalau kita memaksakan diri untuk mengubah sikapnya, kita yang akan capek sendiri. Jadi, kadang kita hanya perlu menanggapinya secukupnya saja. Tidak perlu membuang terlalu banyak waktu untuk meladeninya.

 

3. Rekam Ucapannya

surat ayah dan berjauhan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/pixs4u

Bukan berarti harus merekam setiap ucapannya dengan alat perekam. Namun, kita bisa menandai setiap ucapannya sehingga ketika ia mulai menyeleweng atau mengkhianati ucapannya sendiri, kita bisa langsung meresponsnya dengan mengingatkan dia atas ucapan dia yang sebelumnya. Mungkin bagi kita ini akan jadi hal merepotkan, tapi menghadapi orang bermuka dua memang butuh kejelian sendiri.

4. Pilih Topik Pembicaraan Baru

teman curhat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Orang bermuka dua akan sangat lihat memutarbalikkan sesuatu yang sudah dipahami atau dikuasinya dengan baik. Supaya dia "kena batunya", kita bisa memilih topik pembicaraan yang baru dan tidak familier baginya. Ketika ia kesulitan untuk ikut bergabung dalam pembicaraan, dia akan lelah sendiri.

 

 

5. Tetaplah Tampak Bahagia di Depannya

aku uang dan beasiswa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/xmee

Tetaplah fokus dengan kehidupan kita sendiri. Tetaplah tampak bahagia dan baik-baik saja di depan orang bermuka dua. Tak perlu capek-capek balas dendam atau membuat rencana untuk menjatuhkannya. Dia bisa langsung merasa menderita ketika melihat kita tampak baik-baik saja di depannya.

Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, apa lagi cara yang paling tepat dalam menghadapi orang bermuka dua? Semoga dalam menghadapinya, kita bisa tetap berpikir jernih dan bersikap dewasa ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela