Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Unik yang Dimiliki oleh Orang Cerdas, Apakah Kamu Salah Satunya?

Fimela.com, Jakarta Highly Intelligent Person atau seseorang yang memiliki kecerdasan tinggi adalah mereka yang dianugerahi kecerdasan di bidang tertentu atau di berbagai bidang. Kecerdasan tersebut tidak hanya terbatas pada bidang akademik saja, tetapi juga bisa bidang seni, bidang sastra, dan lain-lain. Biasanya, untuk mengetahui kecerdasan seseorang, masyarakat secara umum akan berpatokan pada nilai akademik maupun hasil tes IQ.

Padahal, seorang yang cerdas sebenarnya juga dapat dilihat dari kebiasaannya yang lumayan unik, loh! Berikut adalah beberapa kebiasaan unik yang dimiliki oleh orang cerdas.

1. Terjaga di malam hari

Berdasarkan penelitian, seseorang yang memiliki kecerdasan tinggi biasanya lebih aktif pada malam hari. Menurut jurnal kepribadian dan perbedaan individu yang diunggah pada 2009, seorang anak yang memiliki kecerdasan tinggi cenderung akan sering terjaga di malam hari saat mereka tumbuh dewasa. Orang cerdas lebih aktif di malam hari karena tidak ada gangguan dan tuntutan kehidupan lainnya, sehingga mereka bisa fokus melakukan apa yang mereka sukai dan minati.

2. Tidak rapi dan tersusun

Masyarakat secara umum sering mengaitkan orang yang cerdas dengan kehidupan yang dipenuhi dengan sistem, jadwal, rapi, dan tertata. Padahal, penelitian membuktikan bahwa orang yang memiliki kecerdasan tinggi cenderung berperilaku sebaliknya. Mereka cenderung fleksibel, sehingga mereka tidak begitu suka hidup dengan rapi, tertata, tersusun, dan penuh jadwal dan sistem. Mereka juga sudah cukup cerdas untuk berperilaku fleksibel dan menyadari serta menerima berbagai dampak dan risiko dari hal-hal yang mereka lakukan.

3. Suka menghabiskan waktu sendiri

Jurnal Psikologi Inggris menunjukkan bahwa orang yang memiliki kecerdasan tinggi biasanya lebih suka menghabiskan waktu sendiri karena mereka memiliki banyak tujuan dan mimpi yang ingin mereka capai. Hal tersebut akhirnya mengalihkan pikiran mereka dari kegiatan bersosialisasi dengan orang lain. Tetapi, hal tersebut bukan berarti mereka tidak bisa bersosialisasi. Mereka hanya lebih suka menghabiskan banyak waktu sendiri untuk fokus pada dunia, mimpi, dan tujuannya. Mereka merasa nyaman, senang, dan puas menghabiskan waktu untuk dirinya sendiri.

4. Sering melamun

Saat diberikan tugas, pekerjaan, atau tanggung jawab pada bidang yang kurang mereka sukai, orang cerdas cenderung akan lebih susah untuk fokus untuk menyelesaikan tugas, pekerjaan, atau tanggung jawab tersebut. Studi yang dilakukan pada 2013 membuktikan bahwa melamun merupakan salah satu bentuk dari berpikir dengan cerdas dan merupakan salah satu teknik mental yang positif dan konstruktif. Mereka seringkali melamun sambil memikirkan rencana di masa depan, memikirkan berbagai penyelesaian masalah yang kreatif untuk berbagai isu, serta menjadi salah satu cara mereka mempelajari informasi baru.

5. Berbicara dengan diri sendiri

Jangan anggap seseorang yang suka berbicara dengan dirinya sendiri itu aneh dan menakutkan, ya! Para peneliti percaya bahwa kebiasaan ini merupakan salah satu teknik berguna yang sering dilakukan oleh orang yang memiliki kecerdasan tinggi. Menurut sebuah penelitian, berbicara dengan diri sendiri dapat meningkatkan pemahaman dan pemaknaan visual seseorang. Hal tersebut dapat terjadi karena bebicara dapat memancing otak untuk menerima dan mengolah informasi dengan lebih efisien. Jadi, tidak selamanya orang yang berbicara dengan diri sendiri itu gila atau memiliki kemampuan supranatural, ya!

 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading