3 Penyebab Kontak WA Hilang yang Sering Terjadi

Vania Al kautsar18 Mei 2022, 15:49 WIB
Diperbarui 18 Mei 2022, 15:55 WIB
Whatsapp - Vania

Fimela.com, Jakarta Mungkin pengalaman kehilangan kontak whatsapp pernah kamu rasakan, saat kontak di whatsapp hilang tentu akan membuat kita sedih dan kesal. Akan tetapi terkadang kita akan bertanya mengapa kontak pada whatsapp hilang secara tiba-tiba.

Ternyata penyebab dari kontak whatsapp yang hilang juga dapat dikarenakan menggunakan smartphone baru maupaun ada data yang ke reset dengan sendirinya. Akan tetapi kamu tak perlu khawatir karena masalah satu ini dapat diatasi dengan mudah yaitu mengembalikan beberapa kontak whatsapp yang hilang.

Saat kontak wahtsapp menghilang terkadang tidak akan menghilang secara keseluruhan tetapi ada beberapa orang yang mengalami kehilangan kongtak whatsapp sekaligus. Berikut beberapa penyebab kontak whatsapp hilang secara otomatis dan cara mengatasinya yang perlu kamu tahu:

1. Membersihkan Data Cache WhatsApp

Whatsapp - Vania
Ilustrasi Whatsapp/https://unsplash.com/Dimitri Karastelev

Jika kamu mengalami kehilangan kontak pada whatsapp secara tiba-tiba hal ini dapat disebabkan oleh data cache, cache sendiri memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara selain itu terkadang kita akan terlupa untuk membersihkan cache.

Cache yang jarang dibersihkan inilah yang membuat ponsel semakin lemot maupun dapat membuat memori pada ponsel memiliki kinerja yang sulit. Hal inilah yang dapat memungkinkan kontak pada whatsapp hilang secara tiba-tiba, untuk mengatasi hal ini kamu perlu memperhatikan cache yang penuh, berikut cara membersihkan cache pada whatsapp:

Settings – Application – WhatsApp – Apps Info – Force Syop – Clear Cache.

2. Tidak Mengaktifkan Menu Permission

Whatsapp - Vania
Ilustrasi Whatsapp/https://unsplash.com/Mika Baumeister

Tahukah kamu bahwa ketika kita tidak mengaktifkan menus permission maka dapat membuat kontak pada whatsapp menghilang dengan sendirinya, hal ini juga dapat terkadi ketika whatsapp tidak terkoneksi atau saat kamu mencoba untuk restart ponsel. Untuk mengatasi hal tersebut kamu perlu mengaktifkan menus permission di ponsel, dengan cara:

Settings – Application – WhatsApp – Permission.

3. Tidak Mencadangkan Kontak di Google

Whatsapp - Vania
Ilustrasi Whatsapp/https://unsplash.com/Adem Ay

Selain itu penyebab kontak whatsapp hilang secara tiba-tiba dapat terjadi karena kamu tidak mencadangkan kontak di google, padahal kontak whatsapp biasanya terintergerasi dengan akun google yang terdapat di ponsel. Untuk mengatasi hal ini kau dapat melakukannya dengan cara:

Settings – Menu Contact to Display – Cek List akun Goggle yang Akan di Cadangkan.

Beberapa kontak yang hilang secara otomatis tentu akan membuat kamu bertanya apa saja penyebabnya, akan tetapi beberapa masalah ini dapat diatasi dengan mudah. Semoga beberapa cara diatas dapat mengatasi kontak pada whatsapp yang hilang otomatis.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela