Apa Penyebab Kulkas Tidak Dingin? Jangan Panik Ini Penyebabnya

Vania Al kautsar20 Mei 2022, 11:48 WIB
Diperbarui 20 Mei 2022, 11:55 WIB
Kulkas - Vania

Fimela.com, Jakarta Saat kulkas tidak tahan dingin maka kamu harus segera mengatasi masalah tersebut agar kulkas yang kamu miliki tidak mudah rusak dan bertambah buruk. Lemari Pendingin atau kulkas sendiri memiliki fungsi sebagai penyimpanan maupun mendinginkan dan membekukan makanan serta minuman, selain itu juga untuk mempertahankan kesegaran sayur, buah, daging dan beberapa minuman.

Banyak tipe dan jenis kulkas yang dipasarkan, tetapi beberapa fungsi dan kelebihanku khas yang dimiliki tentu tidak jauh akan ada masalah. Pernahkah kamu mengalami kulkas yang rusak? Mungkin ada bagian kulkas yang rusak seperti tidak berfungsi saat mendinginkan, freezer yang tidak buku, atau mati secara otomatis.

Beberapa masalah pada kulkas dapat diselesaikan dengan perawatan sederhana sementara yang lainnya terkadang memerlukan bantuan profesional untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut beberapa penyebab kulkas tidak dingin yang terjadi yang dapat kamu atasi:

1. Pengaturan Termostant Mati

Kulkas - Vania
Ilustrasi Kulkas/https://unsplash.com/Nrd

Apakah kamu sering bertanya dan penasaran mengapa kulkas tiba tiba tidak dingin? Hal ini ternyata dapat terjadi karena tombol thermos ton distel terlalu rendah sehingga menyebabkan suhu lemari es naik. Seringkali orang menemukan nomor Termostat yang membingungkan dan mengakibatkan salah arah saat melakukan penyesuayan, ingatlah bawah angka menunjukkan tingkat daya jadi angka yang lebih tinggi akan membuat lemari es menjadi lebih dingin.

2. Ventilasi Terblokir

Kulkas - Vania
Ilustrasi Kulkas/https://unsplash.com/Erik Mclean

Suhu udara di dalam lemari es dapat dipertahankan melalui serangkaian ventilasi internal dan eksternal untuk menjaga suhu yang konsisten ventilasi ini harus tetap terbuka. Seringkali orang tanpa sadar akan memblokir ventilasi baik saat penyimpanan makanan di dalam atau menyimpan benda lain di sekitar lama, ventilasi ini mungkin akan membuat sebagian terhalang oleh kotoran seperti makanan yang Tumpah. Ventilasi apapun yang tersumbat dapat mempengaruhi suhu internal jadi ada baiknya untuk kamu agar menjaganya.

3. Kumparan Kondensor Kotor

Kulkas - Vania
Ilustrasi Kulkas/https://unsplash.com/Ello

Apakah kamu penasaran mengapa kulkas tidak mau dingin tetapi lampu tetap menyala? Kumparan kondensor melepaskan panas dari dalam lemari es. Jika golongan yang kotor maka kulkas harus bekerja lebih keras untuk melepaskan panas, kumparan kondensor harus dibersihkan setahun sekali dan dapat dibersihkan lebih banyak laki jika kamu mengetahui ada banyak debu atau bulu hewan peliharaan di dapur.

4. Motor Kipas Kondensor Rusak

isi lemari es
ilustrasi kulkas dapur/copyright by Andrey_Popov (Shutterstock)

Jika lemari es tidak cukup dingin mungkin ada masalah dengan motor kipas kondensor, motor kipas kondensor juga bekerja dengan menarik udara di atas Kumparan kondensor untuk mendinginkan nya akan tetapi tanpa kipas yang berfungsi lemari es dapat dengan mudah terlalu panas dan tidak dingin dengan benar. Biasanya kamu akan menemukan motor kipas kondensor di belakang atau di bawah lemari es, jika motor kipas tidak berfungsi kemungkinan besar akan memerlukan perbaikan profesional.

5. Motor Kipas Evaporator Tidak Bekerja

Freon yang Sudah Habis
Ilustrasi Membuka Kulkas Credit: pexels.com/Polina

Coba perhatikan model kulkas yang kamu gunakan apakah memiliki satu atau lebih motor kipas evaporator. Jika kulkas kamu hanya memiliki satu kipas maka akan ditempatkan di kompartemen freezer. Motor kipas evaporator mengedarkan udara dingin dari kumparan evaporator keseluruh kompartemen, jika motor kipas tidak berfungsi mungkin kamu memiliki es yang dingin tetapi tidak ada pendingin di kompartemen lemari es.

Kulkas yang tidak dingin membuat banyak orang khawatir dan panik terlebih kita jarang memperhatikan kebersihan maupun beberapa masalah pada kulkas. Mengetahui ada masalah pada kulkas ada baiknya untuk mengatasi masalah ini.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela