5 Cara Hidup Lebih Bahagia meski Merasa Gampang Bosan

Endah Wijayanti21 Mei 2022, 12:35 WIB
Diperbarui 21 Mei 2022, 12:35 WIB
karakter zodiak

Fimela.com, Jakarta Seberapa sering kamu merasa bosan dalam menjalani keseharian? Di antara kita ada orang yang gampang bosan dan sangat moody. Bahkan dalam beraktivitas, ada yang masih bergantung pada perasaan atau suasana hati sendiri.

Hanya saja kalau ingin hidup lebih bahagia dan bersemangat meski gampang bosan, kita perlu melakukan upaya-upaya yang lebih baik lagi. Ada beberapa cara sederhana yang bisa kita coba untuk memiliki hidup yang lebih bahagia walau sering merasa gampang bosan.

 

1. Hadirlah di Tempat Dirimu Merasa Diberdayakan

karakter zodiak
ilustrasi./Photo by Ekaterina Bolovtsova from Pexels

Ada sebuah istilah menarik dari Selandia Baru terkait resep bahagia masyarakat di sana. Mengutip buku The Atlas of Happiness, ada istilah "turangawaewae" yang berarti di mana kita merasa diberdayakan dan memiliki ikatan: di mana kita merasa memiliki identitas, kebebasan, dan perasaan memiliki. Saat kita berada di tempat di mana kita merasa diberdayakan, kita akan merasa diri kita berharga dan hidup kita punya makna sehingga kita bisa lebih bahagia dalam menjalani keseharian.

2. Tahu Kapan Ngerem dan Ngegas

karakter zodiak
ilustrasi./Photo by Jason Tran on Unsplash

Saat kita merasa bosan, ada kalanya kita perlu mengerem. Maksudnya adalah meluangkan waktu untuk rehat dan memulihkan energi. Bisa dengan mengistirahatkan diri atau melakukan sesuatu dengan cara lebih pelan dari biasanya. Lalu, ketika suasana hati lebih baik kita bisa langsung bersemangat untuk kembali beraktivitas lagi.

 

3. Miliki Hobi

karakter zodiak
ilustrasi./Photo by Amina Filkins from Pexels

Kadang rasa bosan hadir karena kita terlalu jenuh melakukan aktivitas atau rutinitas yang sama. Maka, memiliki hobi bisa bantu kita untuk mendapatkan variasi aktivitas yang dapat membuat kita merasa bersemangat jalani rutinitas. Menekuni hobi akan menghadirkan perasaan nyaman dan tenang, serta bisa menjadi media untuk melepas stres.

 

4. Lakukan Sesuatu untuk Orang Lain

karakter zodiak
ilustrasi./Photo by Conner Ching on Unsplash

Membuat orang lain bahagia, memudahkan pekerjaan orang lain, atau menjadi sukarelawan di suatu tempat bisa membuat diri kita merasa lebih bermakna, dan ini bisa bantu meluruhkan rasa bosan yang ada. Tiap kali bisa berbuat suatu untuk orang lain, ada rasa bahagia yang naik berlipat ganda.

5. Pelajari Hal Baru

karakter zodiak
ilustrasi./Photo by veerasak Piyawatanakul from Pexels

Orang yang gampang bosan bisa jadi karena butuh "naik kelas". Mak, memelajari hal baru bisa mengakomodasi kebutuhan untuk. Tiap kali bisa memelajari hal baru dan menguasai sesuatu, maka kebahagiaan pun bisa ikut meningkat dengan sendirinya.

Semoga kita bisa bahagia dengan cara yang paling nyaman untuk diri kita sendiri, ya. Melalui hal-hal sederhana, kita bisa menemukan dan menciptakan kebahagiaan kita sendiri.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1

Live Streaming

Powered by
What's On Fimela