Siapa Andrew Kalaweit? Bocah Tampan yang Tinggal di Hutan Kalimantan

Vinsensia Dianawanti26 Mei 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 26 Mei 2022, 17:00 WIB
Siapa Andrew Kalaweit? Bocah Tampan yang Tinggal di Hutan Kalimantan

Fimela.com, Jakarta Nama Andrew Kalaweit belakangan menjadi viral di media sosial setelah bercerita tentang kehidupan sehari-harinya. Memiliki aktivitas sehari-hari yang berbeda dibandingkan anak seusia, Andrew Kalaweit banyak bercerita soal kegiatannya di tengah hutan Kalimantan yang membuat takjub banyak orang.

Andrew Kalaweit sendiri merupakan anak dari seorang aktivis lingkungan asal Prancis. Ayahnya, Aurelien Francis Brule merupakan pria berdarah Prancis yang menikah dengan perempuan bernama Nur Pradawati yang merupakang asli Dayak.

Lahir di Kalimantan pada 2004, Andrew Kalaweit tinggal bersama kedua orangtuanya di hutan Kalimantan. Ayah Andrew yang akrab disapa Chanee Kalaweit memiliki Yayasan Kalaweit yang memang fokus pada konservasi lingkungan di Kalimantan sejak 1998.

Melalui yayasan ini, keluarga Kalaweit dan sejumlah aktivis melakukan penyelamatan owa dan hewan lain di Kalimantan dan Sumatra yang menjadi korban perdagangan satwa liar. Tidak berhenti di situ, yayasan ini juga membangun cagar hutan swasta untuk melindungi hewan dan habitat aslinya.

 

Tetap sekolah di hutan Kalimantan

Siapa Andrew Kalaweit? Bocah Tampan yang Tinggal di Hutan Kalimantan
Sosok Andrew Kalaweit yang tinggal di hutan Kalimantan (instagram/andrewkalaweit)

Berkenalan dengan alam sejak kecil membuat Andrew Kalaweit tertarik untuk melanjutkan misi ayahnya. Ia pun banyak membuat konten YouTube yang berisikan kegiatannya di hutan Borneo hingga ia mendapat julukan Tarzan Indonesia.

Salah satu video Andrew Kalaweit yang cukup viral adalah 24 Hours in the Middle of a jungle ALONE!. Di video ini, Andrew bersama anjing kesayangannya, Puma, menikmati suasana tengah hutan Kalimantan selama 24 jam penuh.

Meski tinggal di hutan Kalimantan, Andrew Kalaweit tetap mengenyam pendidikan seperti anak seusianya. Ia menjalani mobile homeschooling melalui Zoom.

"Mungkin kalian akan menanyakan, apakah di rumahku di tengah hutan ada internet. Yes, ada, jadi kita pakai parabola besar dan langsung tembak ke satelit. Tapi, intinya aku sekolah," jelas Andrew.

 

Selalu pakai baju hitam

Siapa Andrew Kalaweit? Bocah Tampan yang Tinggal di Hutan Kalimantan
Sosok Andrew Kalaweit yang tinggal di hutan Kalimantan (instagram/andrewkalaweit)

Menariknya, warganet memerhatikan kebiasaan Andrew yang suka mengenakan baju warna hitam. Ia pun menjelaskan alasannya kerap mengenakan baju hitam.

"Yes, 98 persen aku selalu pakai baju warnanya hitam. Kenapa? Karena sudah nyaman aja dan aku merasa percaya diri pada saat menggunakan pakaian warna hitam. Jadi aku stok pakaian warna hitam, besoknya aku tinggal pakai warna hitam lagi, dan warna hitam lagi, ya simpel enggak perlu mikir besok pakai baju warna apa," jelasnya.

 

Bercita-cita jadi film maker

Kisah inspiratif yang kerap dibagikan Andrew melalui channel YouTube membuatnya kerap diundang di acara televisi maupun podcast. Ia pun kerap kali bercerita video yang ia buat karena ingin menampilkan keindahan hutan dan satwa Indonesia. Sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya menjaga kelestarian alam.

Di balik rutinitasnya membuat video di YouTube, Andrew memiliki cita-cita untuk menjadi seorang film maker. Ia berencana untuk membuat dokumenter alam liar yang menginspirasi lebih banyak orang.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela