5 Penyebab Gatal di Pantat yang Bikin Tidak Nyaman

Vania Al kautsar24 Mei 2022, 10:43 WIB
Diperbarui 24 Mei 2022, 10:52 WIB
pantat berjerawat

Fimela.com, Jakarta Memiliki pantat yang gatal sering membuat kita khawatir dan tidak percaya diri, terkadang hal ini dapat terjadi karena ada kondisi yang mempengaruhinya seperti kulit, dermatitis kontak, folikulitis, dan lainnya. Saat bagian pantat yang gatal akan membuat kita terus menerus menggaruk pantatm bgaimana jika hal ini terjadi saat berada di tempat umum?

Mungkin banyak orang akan mengartikan perasaan gatal di bagian pantat dapat disebabkan oleh kebersihan tubuh atau mungkin dapat menjadi tanda reaksi alergi pada suatu benda saat menempelnya. Hal yang perlu kamu cari tahu untuk mengatasi hal ini adalah mengetahui penyebab dan gejala dari masalah ini.

Biasanya pantat yang gatal akan menyebabkan adanya luka kecil, nyeri, dan bengkak. Selain itu perasaan satu ini membuat banyak orang menjadi tidak nyaman saat menggunakan celana atau duduk di suatu tempat, berikut beberapa penyebab pantat gatal yang mungkin kamu alami:

1. Dermatitis Kontak

kulit-kezo
ilustrasi Penyebab Seluruh Badan Gatal/kwanchai.c/shutterstock

Dermatitis kontak akan terjadi ketika kulit seseorang bersentuhan dengan seseuatu yang menyebabkannya menjadi alergi dan mengalami reaksi alergi, berikut beberapa gejala dermatitis kontak yang mungkin kamu alami:

  • Kulit gatal.
  • Ruam di kulit yang meradang dan bengak.
  • Kulit kering.

2. Folikulitis Pantat

pantat
ilustrasi pantat/Photo by Jakob Owens on Unsplash

Folikulitis adalah infeksi kulit yang umum dan akan mempengaruhi folikel rambut, folikulit pantat dapat menjadi akut dan kronis. Folikulitis pantat yang aku biasanya akan terjadi ketika bakteri menghasilkan pustule dan papula yang sangat menyakitkan, kemudian folikulitis pantat kronis juga dapat menyebabkan seseorang mengalami gejala yang sangat parah dan dapat terus menerus terjadi.

3. Folikulitis Bak Mandi Air Panas

Mandi - Vania
Ilustrasi Mandi/https://unsplash.com/Roberto Nickson

Folikulitis bak mandi air panas biasanya akan muncul ketika folikel rambut bersentuhan dengan air yang tekontaminasi, hal ini biasanya akan mempengaruhi anak-anak daripada orang dewasa. Gejala dari folikulitis satu ini adalah benjolan gatal dan memerah yang biasanya akan berkembang menjadi nodul yang menyakitkan.

4. Kurap

Penyebab Kaki Gatal
Ilustrasi Penyebab Kaki Gatal Credit: pexels.com/Cats

Kurap merupakan salah satu jenis infeksi jamur yang menular, biasanya akan muncul di mana saja pada bagian kulit tanpa adanya pengobatan yang tepat maka dapat menyebar ke seluruh tubuh. Gejala dari kurap sendiri yaitu:

  • Ruam gatal dan bengkak yang pertama kali muncul di tempat bagian paha.
  • Kulit yang terkelupas.
  • Kulit gatal dan nyeri.

5. Kudis

kulit-kezo
ilustrasi Penyebab Seluruh Badan Gatal/noppawan09/shutterstock

Kudis merupakan salah satu infeksi kulit yang terjadi karena tungau gatal, seseorang mungkin akan mengalami gatal dan ruam pada daeerah yang terkena kudis, terutama pada bagian pantat, pinggang, siku, maupun pergelangan tangan.

Gatal pada bagian pantat tentu membuat banyak orang tidak nyaman, selain itu gatal pada pantat juga dapat disebabkan oleh makanan yang kamu konsumsi atau pakaian yang kamu gunakan memiliki bahan kasar atau tidak nyaman. Jika kamu menemukan ada tanda gatal-gatal atau tidak nyaman lainnya ada baiknya untuk periksa ke dokter agar mendapat perawatan yang tepat.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela