Sukses

Lifestyle

Instalasi Seni Baru ‘When Art Meets Food’ di MoJA Museum, Bisa Jadi Ide Kegiatan Seru Akhir Pekan

Fimela.com, Jakarta Mengisi waktu luang di akhir pekan bersama keluarga atau teman-teman, Sahabat Fimela bisa mengunjungi MoJA Museum. Destinasi wisata yang terkenal akan spot foto Instagramable itu baru-baru ini meluncurkan instalasi seni terbaru, yakni ‘When Art Meets Food’.

Instalasi seni hasil kolaborasi Dailybox Group dan seniman visual kebanggaan Indonesia, Muchlis Fachri atau Muklay ini menampilkan tiga ilustrasi karakter Dailybox Group, yaitu Mr. Black Box, Flossy Floss, Ms. Sheerato.

Dalam instalasi seni ini, para pengunjung juga bisa menikmati kegiatan melukis di atas kanvas stensilan ilustrasi Muklay yang disediakan MoJA Museum dengan menggunakan puffin paint, brand cat lokal yang memiliki produk cat anti serangga.

“Pastinya instalasi karya Muklay dan canvas painting activity dapat menjadi ide aktivitas di akhir pekan,” kata Aswin Lim, Co-founder MoJA Museum dalam acara peluncuran Dailybox x Muklay di MoJA Museum, Jumat (27/5/2022).

Edukasi Masyarakat Tentang Fenomena Cloud Kitchen

Lebih lanjut, Aswin menjelaskan bahwa kolaborasi Dailybox Group x Muklay melalui instalasi seni ‘When Art Meets Food’ ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang fenomena cloud kitchen yang kini tengah naik daun.

“Salah satu misi kami adalah membuat masyarakat lebih aware dengan fenomena atau tren yang sedang marak lewat seni yang instagramable. Lewat karya terbaru Muklay ini, kami ingin mengedukasi masyarakat tentang fenomena cloud kitchen yang sedang naik daun,” kata Aswin.

Seperti yang diketahui, Dailybox Group adalah salah satu operator cloud kitchen terbanyak di Indonesia. Memiliki gerai di 145 lokasi di Indonesia, startup restoran online multi-brand yang terdiri dari Dailybox, Shirato, dan Breadlife ini mampu memproduksi 12.000 porsi makanan.

 

Seni dan Kuliner Jadi Dua Hal yang Tak Terpisahkan

Dailybox Group sendiri awalnya menjual rice box sebelum akhirnya bertransformasi menjadi platform kolaborasi. Setelah berkolaborasi dengan chef, public figure dan UMKM, pada kolaborasi kali ini,  Dailybox Group menggabungkan unsur kuliner dan seni.

Rifqy Aditya Putra, Marketing Dailybox Group mengungkapkan alasan dibalik mengawinkan seni dan kuliner adalah karena keduanya merupakan hal yang tak terpisahkan.

“Yang mana makanan adalah kebutuhan dan seni adalah sesuatu yang bisa dinikmati. Oleh karena itu, melalui instalasi ’When Art Meets Food’ ini kami menyampaikan bahwa kalian bisa makan enak dan enjoy the art dari Muklay,” ungkap Rifky.

Rifqy menambahkan, sosok Muklay dikenal di dunia street art karena gaya ilustrasinya yang nyentrik. Hal inilah yang membuat Dailybox Group memilih Muklay sebagai partner kolaborasi seni dan kuliner pertama mereka.

“Muklay dikenal di dunia street art karena gaya ilustrasinya yang nyentrik dengan pilihan warna neon yang vibrant. Cocok sekali untuk membuat benda seperti rice box, roti dan sushi menjadi berkarakter dan hidup,” kata Rifqy.

 

Komisi dari Hati

Untuk menciptakan ilustrasi ini, Muklay mengaku dirinya tidak mengalami kesulitan sama sekali. Pria lulusan Seni Rupa di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu bahkan menyebut proyek kolaborasi ini merupakan salah satu komisi yang datangnya dari hati.

“Brand dari Dailybox Group sangat dekat dengan keseharian saya dan istri saya. Salah satu cemilan favorit saya kalau sedang menggambar adalah roti Breadlife, khususnya Original Chicken Floss atau Roti Abon Ayam,” ujar Muklay.

“Karenanya, saya minta ke tim Dailybox Group untuk dapat membuat ilustrasi dari varian ini. Bisa dibilang komisi seni kali ini adalah salah satu komisi yang datangnya dari hati,” sambungnya.

Proses pembuatan ilustrasi ini juga tak memakan waktu yang lama. Disebutkan, dirinya hanya memerlukan waktu dua minggu.

Instalasi seni ‘When Art Meets Food’ dibuka untuk umum di MoJA Museum Gelora Bung Karno mulai 27 Mei hingga 10 Juni 2022. Selain kegiatan melukis, para pengunjung juga dapat membeli merchandise Dailyboxgroup x Muklay di MoJA Museum atau Tokopedia.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading