Sukses

Lifestyle

5 Penyebab AC Netes Air yang Sering Menjadi Masalah

Fimela.com, Jakarta AC yang menetes tentu sering membuat kesal, sedangkan kita membutuhkan AC untuk mendinginkan ruangan. Tentu saat AC mengeluarkan air maka kita akan penasaran dan bertanya bagaimana cara untuk mengatasinya.

Padahal sebagian besar sistem pendingin udara yang modern memiliki unit untuk indoor dan outdoor, kumparan evaporator di bagian unit dalam ini biasanya akan mendinginkan udara hangat dan menciptakan suhu ruangan yang nyaman.

Ada banyak penyebab yang membuat AC mengeluarkan air dan menetes, masalah inilah yang jarang kita perhatikan. Perawatan AC sendiri tidaklah mudah terkadang membutuhkan bantuan teknisi untuk menyelesaikannya, tetapi jika kamu mengetahui penyebab dari AC yang menetesakan air bisa jadi dapat mengatasinya sendiri. Berikut beberapa penyebab AC mengeluarkan air yang bikin kesal:

1. Filter Udara yang Kotor

Filter udara sendiri mudah kotor, filter inilah yang dapat menghalangi aliran udara dan dapat mempersulit udara untuk mengenai koil evaporator. Kumparan akan menjadi sangat dingin bahkan hingga membeku, proses ini terkadang akan menghasilkan kebocoran dari AC.

2. Refrigeran yang Bocor

Jika terdapat kebocoran yang diikuti dengan hembusan udara yang lebih hangat dari biasanya, mungkin inilah yang dapat disebabkan oleh refrigerant. Refrigerant sendiri memiliki fungsi sebagai pengatur suhu ruangan dari hangat menjadi dingin, jika kamu mengalami refrigerant yang bocor ada baiknya untuk menghubungi teknisi karena refrigerant yang bocor dapat memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

3. Instalasi yang Salah

Ketika baru saja menggunakan AC yang baru dan sudah mengalami kebocoran, maka ada baiknya jika kamu memeriksa apakah AC yang kamu gunakan sudah terpasang dengan benar atau belum. Ketika ada kesalahan pada pemasangan AC ada baiknya jika kamu memanggil teknisi untuk memperbaikinya.

4. Timbunan Jamur

Salah satu penyebab kebocoran yang paling umum adalah drainase yang terseumbat, penyebabnya bisa berupa kotoran, debu, dan jamur yang dapat menghalangi aliran air. Terkadang jika terdapat timbunan jamur air akan berusaha mencari jalan keluar dan menyebabkan AC menjadi bocor.

5. Pipa yang Sudah Tua

Penggunaan AC yang sudah bertahun-tahun tentu perlu diperhatikan terutama jika terdapat lapisan AC yang bisa rusak. Hal inilah yang terkadang dapat menyebabkan kebocoran AC, untuk mengatasinya kamu bisa mendapatkan penutup baru untuk pipa.

Ada banyak penyebab yang dapat membuat AC meneteskan air bahkan saat penggunaan pertama kali, ada baiknya ketika kamu mengalami kendala pada AC memanggil teknisi untuk memperbaikinya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading