Sukses

Lifestyle

Selain Rumah dan Sanitasi, Program Desa Maju di Mauk, Banten juga Merenovasi Sekolah

Fimela.com, Jakarta Jika dulu rumah Evi Yunarti terbuat dari bilik bambu dan kesulitan mengakses air bersih, kini ia bersama puluhan orang warga Desa Tanjung Anom, Mauk, Banten memiliki rumah layak yuni. Menurutnya, rumah layak huni tidak hanya memberikan rasa aman, namun membuka peluang untuk menambah produktivitas untuk dapat mewujudkan taraf hidup lebih baik lagi.

Rumah layak huni tersebut merupakan bagian dari Program Desa Maju Prudential yang diperuntukan untuk warga di Desa Tanjung Anom. Sebanyak 63 unit rumah beserta toilet baru dengan pembangunan sumber air bersih dan pemasangan unit fasilitas cuci tangan portable sudah diserahkan sebagai penanda penyelesaian program tahap pertama.

Kini program yang sudah dua tahun dijalani tersebut memasuki tahap dua yang bekerja sama dengan Habitat for Humanity Indonesia serta melibatkan para PRUVolunteers. Dengan melanjutkan pembangunan untuk 50 rumah, 2 sumber air bersih, 25 konstruksi toilet rumah tangga, pemberian pelatihan WASH (Water, Sanitation, and Hygine) 

Yang berbeda dengan tahap sebelumnya, di tahap kedua ini, Program Desa Maju Prudential juga akan merenovasi fasilitas pendidikan di 2 sekolah. Termasuk laboratorium komputer, toilet sekolah, perpustakaan, dan gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Edukasi Pengelolaan Keuangan Dasar bagi Tokoh Masyarakat

Michellina L. Triwardhany (Dhany), Presiden Direktur Prudential Indonesia mengatakan, “Sebagai perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia, kami memiliki komitmen jangka panjang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui beragam produk dan inisiatif yang kami miliki. Program Desa Maju Prudential merupakan salah satu dari sejumlah besar inisiatif yang kami lakukan dan berdampak langsung dalam memperbaiki kesejahteraan masyarakat, dengan total valuasi yang didistribusikan untuk tahap pertama dan kedua mencapai hampir 10 miliar rupiah. Untuk itulah, kami berkomitmen untuk terus melanjutkan sekaligus memperluas cakupan program ini.”

Program Desa Maju Prudential dimulai sejak 2 tahun lalu dan mengumpulkan total donasi sebesar Rp2 miliar melalui partisipasi masyarakat melalui event PRURide Indonesia 2021 Virtual Ride. Pada event tersebut, Prudential Indonesia telah mendonasikan sebesar Rp2.600 untuk setiap kilometer yang dicapai oleh masing-masing peserta untuk mendukung perbaikan kesehatan dan kesejahteraan keluarga di Desa Mauk.

Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia mengatakan, “Kami sangat mendukung inisiatif Prudential Indonesia untuk membangun dan memperbaiki kehidupan keluarga berpenghasilan rendah di salah satu wilayah yang sangat membutuhkan perhatian dalam pemenuhan kebutuhan rumah layak huni, akses air bersih, dan akses sanitasi layak di Indonesia. Inisiatif ini selaras dengan misi Habitat for Humanity Indonesia untuk membangun fondasi kehidupan, rumah layak dan mendukung program pemerintah “100-0-100”, yaitu pemenuhan 100 persen akses layak air minum, pengurangan kawasan kumuh menjadi 0 persen, dan pemenuhan 100 persen akses sanitasi layak.”

Selain acara serah terima program tahap pertama dan peresmian tahap kedua, Prudential Indonesia juga mengadakan kegiatan edukasi pengelolaan keuangan dasar bagi para tokoh masyarakat di Desa Mauk. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan literasi keuangan warga setempat, sehingga dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola keuangan keluarga dan akan mendorong terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading