5 Cara agar Tidak Mudah Diremehkan Orang Lain

Endah Wijayanti16 Jun 2022, 09:45 WIB
Diperbarui 16 Jun 2022, 09:45 WIB
perempuan dan tabah

Fimela.com, Jakarta Menjadi dewasa bukan berarti kita bisa selalu mendapatkan respek dan apresiasi orang lain. Bahkan ketika sudah berusaha untuk bersikap dengan baik dan melakukan sesuatu dengan maksimal, kadang kita masih saja dipandang sebelah mata. Bahkan masih diremehkan oleh orang-orang di sekitar kita.

Walau tak mudah tetapi kita masih bisa menugupayakan sejumlah hal agar kita tidak mudah diremehkan orang lain. Kita bisa meningkatkan kualitas diri kita dengan menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab. Berikut ini sejumlah langkah yang bisa diambil.

 

1. Selalu Tepat Waktu

perempuan dan hati tabah 2
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Mengutip laman Hack Spirit, selalu tepat waktu tak hanya menunjukkan rasa tanggung jawab, tetapi juga respek terhadap orang lain. Kebiasaan tepat waktu akan membuat kita menjadi pribadi yang menonjol. Orang lain pun akan segan untuk terlambat atau mangkir dari setiap janji yang dibuat.

2. Memaksimalkan Potensi Kelebihan Diri

perempuan menghirup udara pagi
ilustrasi bersyukur tabah/M Stocker/Shutterstock

Kita menyadari ada kekurangan atau kelemahan yang kita punya. Akan tetapi, itu bukan penghalang bagi kita untuk bersinar dan menjadi pribadi yang sukses dalam hidup. Maka, kita pun fokus dalam memaksimalkan potensi dan kelebihan diri. Sehingga orang lain tidak akan mudah meremehkan kita sebab kita punya kekuatan untuk menjadi pribadi yang berdaya.

 

3. Tidak Plin-Plan dalam Berkomunikasi

perempuan dan hidup tabah
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Sikap tegas bisa membuat kita jadi pribadi yang lebih disukai. Kalau kita plin-plan atau malah sering bicara sembarangan atau berbicara tanpa berpikir lebih dulu, orang di sekitar kita bisa tidak nyaman atau bahkan tak suka. Dampaknya orang lain sulit menaruh rasa percaya pada kita dan akan mengabaikan kita.

4. Bersikap Proaktif

perempuan tabah sabar mandiri dewasa santai
ilustrasi merenung sedih/atiger/Shutterstock

Senantiasa berusaha mencari peluang dan kesempatan baru. Kalau tidak tahu atau tidak paham akan sesuatu, tak segan untuk bertanya. Besrikap proaktif bukan berarti berlagak sok tahu. Melainkan menunjukkan upaya bahwa ada keinginan dan kemampuan mengembangkan diri.

 

5. Menjaga Harga Diri

tegas kuat mandiri tabah sabar powerful
ilustrasi/Anuchit kamsongmueang/Shutterstock

Mengutip buku How to Respect Myself, untuk meningkatkan harga diri, salah satu caranya adalah dengan berani menerima. Menerima bahwa selama ini kita telah menderita dari kebiasaan frustrasi di awal. Kita perlu mengakui lebih dulu apa yang sebenarnya kita takutkan. Takut diremehkan oleh orang lain adalah perasaan yang wajar, dan kita perlu menerima rasa takut tersebut. Agar dengan demikian, kita bisa lebih menyayangi diri sendiri dengan melakukan hal-hal terbaik dan paling nyaman untuk menjaga harga diri kita dengan baik.

Semoga kita bisa menjadi perempuan yang kuat dan berdaya, ya. Semoga ke depannya kita selalu dikelilingi oleh orang-orang yang suportif dan bisa membantu kita untuk tumbuh dan berkembang.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela