5 Cara Tetap Tegar Menghadapi Hidup yang Penuh Tantangan

Endah Wijayanti17 Jun 2022, 12:45 WIB
Diperbarui 17 Jun 2022, 12:45 WIB
perempuan dan kehidupan mandiri

Fimela.com, Jakarta Tidak semua keinginan bisa terwujud. Tidak semua hal-hal yang kita perjuangkan bisa terjadi sesuai harapan. Dalam hidup, tidak segalanya jadi serba mudah sesuai dengan keinginan kia. Bahkan makin bertambah usia, makin banyak tantangan yang akan kita hadapi.

Ketika menyerah belum bisa jadi pilihan, maka kita perlu makin kuat dan tegar lagi. Ada beberapa cara yang bisa kita coba untuk kembali kuat dan tegar hadapi hidup dengan tantangan yang terus bertambah dan berubah seiring waktu berjalan. 

 

 

1. Pahami bahwa Segala Sesuatu Berubah

perempuan bahagia mendengarkan musik
ilustrasi./Venus Angel/Shutterstock

Agar bisa tetap tegar dan kuat, kita perlu menjaga harapan hidup. Mengutip buku The Comfort Book, untuk merasakan harapan, kita tidak perlu berada dalam situasi yang luar biasa menyenangkan. Kita hanya harus paham bahwa segala sesuatu berubah. Harapan tersedi bagi semua orang. Dengan memahami bahwa segala sesuatu berubah dan tantangan hidup bisa hadir silih berganti, maka kita bisa punya kesiapan untuk bisa kembali berdiri tiap kali terjatuh.

2. Usahakan untuk Tetap Bergerak

perempuan diet olahraga
Ilustrasi/Shutterstock.com/metamorworks

Makin banyak tantangan hidup kadang membuat beban hidup makin berat. Sampai membuat kita berat untuk melakukan sesuatu, bahkan malas untuk beraktivitas. Namun, justru di saat seperti ini kita perlu tetap bergerak. Mengutip buku How to Respect Myself, tidak bertindak, sikap negatif, dan kecenderungan menghindar saling memperkuat satu sama lain dan membentuk lingkaran setan. Kalau masih berat mengerjakan sesuatu atau menyelesaikan sebuah persoalan berat, bisa coba jernihkan pikiran dengan jalan-jalan atau olahraga ringan lebih dulu. Intinya usahakan untuk tetap bergerak agar semangat bisa tetap terjaga.

 

 

3. Fokus pada Proses yang Dijalani

perempuan dewasa mandiri kalem
ilustrasi/Dean Drobot/Shutterstock

Kita punya hak dan kebutuhan untuk terus berusaha sebaik mungkin. Sementara untuk hasilnya, kita tak punya terlalu banyak andil. Maka, fokus saja jalani proses yang sedang dijalani atau diperjuangkan. Tantangan demi tantangan hidup akan selalu hadir, dan kadang kita hanya perlu mengikuti alurnya untuk bisa bertahan semampu kita.

 

4. Izinkan Diri Meminta Bantuan

perempuan zodiak sahabat
Ilustrasi/Shutterstock.com/Tom Wang

Memang kita perlu mandiri dan lebih percaya diri dalam menjalani hidup. Namun, ada kalanya kita juga perlu bantuan atau pertolongan, jadi izinkan diri untuk mendapat uluran tangan dari orang lain saat kita benar-benar memerlukannya. Menjadi dewasa bukan berarti harus menaklukkan segalanya serba sendirian, kan?

5. Perkuat Sandaran atau Pegangan Hidup

my trip story dan ke situbondo
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/asawin+klabma

Kita bisa memperkuat sandaran atau pegangan hidup dari berbagai sisi dan cara. Bisa dari sisi agama, spiritualitas, hingga lingkaran sosial atau hubungan. Setidaknya ada poros yang bisa kita jaga dan bisa memperkuat kita dalam menghadapi setiap kesulitan dan tantangan yang ada.

Semoga dari setiap tantangan yang hadir, kita bisa tumbuh dan beproses jadi pribadi yang lebih kuat dan dewasa dari waktu ke waktu ya. Terima kasih sudah bertahan hingga detik ini, kamu luar biasa.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓