Sukses

Lifestyle

3 Penyebab Freon AC Bocor yang Sering Terjadi

Fimela.com, Jakarta Refrigerant atau freon ac merupakan salah satu perangkat penting yang dibutuhkan oleh AC itu sendiri, Freon AC merupakan senyawa kimia yang tugas untuk menyerap panas dari udara dalam ruangan, mengeluarkannya di luar ruangan, atau memberikan udara yang dingin.

Freon pada AC tentu dapat bocor dengan berbagai alasan, sehingga akan menghambat kemampuan pendingin AC. Setelah itu jika AC tidak mendingin dengan baik maka akan mengeluarkan air yang menetes dari dalam AC.

Freon AC atau refrigerant yang bocor ternyata sangat berbahaya untuk kehesatan tubuh dan dapat memberikan dampak buruk seperti, sakit kepala,batuk, lemas, atau iritasi mata. Berikut beberapa penyebab freon AC bocor yang perlu kamu ketahui:

1. Unit AC yang Aus

Keausan biasanya berkaitan dengan penggunaan AC yang sudah lama, hal inilah yang sering menjadi salah satu oenyebab kebocoran pada AC. Seiring waktu, sambungan pada AC dapat melemah dan terkikis. Selain itu segel karet di sekitar katup atau alat kelengkapan akses dapat aus dan menyebabkan freon AC yang bocor.

2. Getaran

Motor kompresor tentu berada di luar ruangan, ini juga merupakan komponen penting dari AC. Jika unit luar ruangan tidak disegel dengan benar maka akan menghasilkan getaran dan membuat saluran pendingin melemah. Jika saluran pendingin tidak dipasang dengan benar,, maka akan membuat getaran ringan dan menghasilkan kebocoran pada pendingin AC.

3. Kerusakan Fisik Pada AC

Ada banyak penyebab dari kerusakan fisik pada AC, seperti saat anak sedang bermain di dalam ruangan dan tidak sengaja melempar sesuatu ke AC maka akan membuat kerusakan kecil yang mengakibatkan freon AC menjadi bocor. Untuk mengatasi hal ini, kamu hanya perlu manatuh unit AC ke tempat yang lebih tinggi.

Ketika freon AC yang bocor atau meneteskan air ada baiknya untuk membawa ke teknisi agar mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat. Selain itu kamu juga perlu berhati-hati saat freon AC bocor karena biasanya akan mengeluarkan udara yang tidak sejuk dan dapat memberikan dampak buruk untuk tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading