Sukses

Lifestyle

7 Penyebab Jaringan WiFi Lemot yang Bikin Kesal

Fimela.com, Jakarta Kecepatan internet yang sangat lambat tentu dapat mengganggu pekerjaan, sekolah, atau waktu luang saat ingin bersantai. Terkadang akan sangat sulit untuk mencari tahu penyebab dari koneksi internet yang sangat lambat.

Kecepatan internet tentu menentukan seberapa cepat data yang dapat dikirimkan antara perangkat dan web, mungkin kamu pernah mendengar Megabit per detik (Mbps) atau gigabit per detik (Gbps) yang diukur sebagai kecepatan internet. Kecepatan unduh merupakan kecepatan saat kita mengakses konten dari web termasuk memuat halaman web atau menjelajahi media social.

Jaringan WiFi yang lemot tentu akan membuat banyak orang merasakan kesal, padahal ada banyak penyebab dari jaringan WiFi yang sangat lemot. Untuk itu berikut beberapa penyebab jaringan WiFi yang lemot dan sering terjadi oleh banyak orang:

1. Bahan Bangunan

Bahan bangun ternyata dapat memberikan dampak pada masalah jaringan WiFi yang lemot, seperti WiFi, seluler, dan radio yang mudah terganggu oleh bahan logam, batu bara, kayu, dan bahan bangunan lainnya. Ketika berada di luar ruangan tentu akan menjangkau WiFi dan memiliki kecepatan yang menentu akan tetapi, jika berada di dalam ruangan yang terhalang oleh beberapa bahan bangunan maka akan menghalangi sinyal untuk menjangkau smartphone.

2. Jarak dari Router

Sinyal WiFi berasal dari router, jadi semakin jauh dari router maka akan semakin lemah sinyal dan kecepatannya. Ada baiknya saat kamu memasang Wifi, menaruh sinyal router berada di tengah ruangan agar jaringan dapat meluas dan menjangkau di beberapa ruangan.

3. Penempatan Router

Menempatan router di tanah atau berada di tempat yang paling bawah ternyata dampat menghambat kecepatan dan kinerja WiFi. Ada baiknya saat kamu memasang WiFi, pasanglah WiFi ke tempat yang lebih tinggi agar memperluar jangkauan siaran antenna router.

4. Perbarui Firmware Router

Saat kamu menggunakan alat elektronik tentu akan memperbarui sistem operasionalnya, terutama pada smartphone yang sering digunakan. Hal ini juga sama dengan WiFi yang kamu gunakan, pada hal ini kamu perlu memperbarui driver, firmware, dan sistem operasi dan perbaikan keamanan.

5. Router Lama

Router yang lama atau yang lebih tua dari 5 tahu terkadang tidak akan sama dengan standar yang terbaru seperti (802.11 ac / WiFi 5). Router yang lama tentu akan mengahambat kecepatan WFi seperti yang digunakan saat pertama kali, ada baiknya jika kamu melakukan upgrade terbaru pada router.

6. Antena Router Lemah

Banyak router memiliki antenna eksternal atau yang dapat dilepas, hal ini biasanya dikarenakan kemampuan upgrade. Memasang antenna perlu penguatan yang lebih tinggi dan tepat agar dapat memberikan jangkauan, efisiensi, dan kecepatan yang lebih tinggi pada WiFi.

7. Ponsel atau Laptop yang Lama

Meskipun hal ini tidak berkaitan dengan router WiFi, tetapi beberapa ponsel atau laptop dengan penggunaan yang lama dapat memberikan dampak pada kecepetan yang berbeda.

Jaringan WiFi yang lemot tentu akan membuat banyak orang kesal terutama saat dibutuhkan dengan cepat, ada banyak penyebab yang dapat membuat WiFi menjadi sangat lemot. Untuk masalah satu ini jika mengalami beberapa kendala ada baiknya untuk mengubungi teknisi agar mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading