Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Bebek Tidak Bertelur yang Perlu Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Bebek merupakan salah satu hewan yang paling banyak di pelihara untuk peternak, hewan ini memiliki banyak manfaat bagi banyak manusia. Seperti telur dan dagingnya yang dapat dikonsumsi oleh manusia, perawatan bebek sendiri tidaklah mudah.

Ada banyak jenis perawatan bebek yang sebaiknya kamu lakukan seperti, pemberian vitamin, pemberian obat ketika sakit, vaksinasi, pengontrolan pada berat badan bebek, dan pembersihan kandang yang rutin. 

bebek petelur tentu akan menghasilkan telur, tetapi bagaimana jika hewan tersebut tidak mengeluarkan telur? Berikut beberapa penyebab bebek yang tidak mengeluarkan telur:

1. Belum Cukup Umur

Bebek biasanya akan bertelur saat memausik usia 5 hingga 6 bulan, beberapa orang yang memiliki bebek biasanya akan mengharapkan mereka dewasa lebih awal agar cepat bertelur. Selain itu bebek juga akan berelur dalam kurun waktu 20 hari lama agar menghasilkan telur yang baik.

2. Terlalu Tua untuk Bertelur

Saat kamu membeli bebek dari orang lain ada baiknya untuk menanyakan umur bebek terlebih dahulu, jika bebek memiliki umur yang terlalu tua maka ia akan sulit menghasilkan telur. Pada usia empat atau lima tahun biasanya mereka tidak akan terlalu produktif dan jarang sekali untuk bertelur.

3. Cuaca yang Tak Menentu

Suhu yang terlalau ekstrem ternyata dapat mencegah bebek bertelur, terutama saat kamu berada di wilayah yang memiliki iklim terlalu panas. Bahkan perubahan cuaca juga dapat mengacaukan siklus beberapa hewan bertelur, jadi kamu tak perlu khawatir ketika bebek tidak bertelur, mungkin saja hal ini berkaitan dengan cuaca yang tak menentu.

4. Stress

Stres ternyata sangat menghambat kemampuan untuk bebek bertelur atau bahkan akan mencegahnya bertelur. Mungkin saja bebek yang kamu miliki sedang mengalami stress seperti kendang yang terlalu kecil akan membuatnya stress, sering diganggu hewan lain, dan tidak ketersediaan air. Saat kamu baru saja memiliki bebek, jangan harap bahwa ia akan menghasilkan telur, ada baiknya untuk memberikan sementara waktu agar bebek dapat beradaptasi dengan tempat barunya.

5. Terlalu Gemuk

Beberapa bebek yang gemuk atau memiliki berat badan berlebih akan sulit bertelur, karena mereka akan lebih sering makan daripada melakukan hal lainnya. Saat kamu memiliki bebek ada baiknya untuk menjatah makanan bebek, serta tidak membiarkannya bertelur terus menerus. Selain itu berikan bebek makanan yang memiliki nutrisi yang tinggi agar membuatnya menjadi kenyang.

Nah, itulah beberapa penyebab bebek yang tidak mengeluarkan telur yang perlu kamu tahu. Ada beberapa penyebab yang dapat membuat bebek tidak mengeluarkan terlu yang perlu kamu pahami.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading