5 Bukti Dirimu Sebenarnya Bisa Bahagia dengan Hal Sederhana

Endah Wijayanti21 Jun 2022, 11:35 WIB
Diperbarui 21 Jun 2022, 11:35 WIB
perempuan dan kehidupan mandiri

Fimela.com, Jakarta Kita semua ingin bahagia. Bahkan dalam perjalanan hidup ini, kita selalu mencari banyak cara untuk bahagia. Begitu banyak cara yang bisa dicoba untuk bahagia.

Bagi yang saat ini merasa bingung untuk bahagia, bisa jadi sebenarnya kita bisa bahagia melalui hal-hal sederhana. Makin dewasa, makin kita menyadari bahwa kebahagiaan adalah tanggung jawab kita. Bukan berarti harus menempuh jalan sulit dan rumit untuk bahagia, melalui cara sederhana pun kita bisa menemukan kebahagiaan kita.

 

1. Mudah Bersyukur

childhood dan desa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Danai+J

Selama kita selalu bisa bersyukur, maka kebahagiaan bisa kita dapatkan. Mengutip buku Happiness Inside, sewaktu kita bersyukur, ada sesuatu yang bertumbuh dalam hati kita, dan inilah yang membuat kita berbahagia. Makin sering bersyukur, makin mudah kita merasa bahagia. Hal-hal kecil yang bisa didapatkan dan dirasakan bisa membuat kita bahagia selama kita bersyukur.

2. Senantiasa Merasa Cukup

childhood dan jayapura
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/VitalyRomanovich

Hal ini masih berkaitan dengan rasa syukur. Saat kita mendapatkan sesuatu dan itu sudah membuat kita bisa menghadirkan rasa cukup, kita bisa bahagia. Sebab kita tidak kewalahan dengan ego kita. Ketika kita sudah merasa cukup, kita akan fokus menikmati masa kini. Tidak terjebak di masa lalu dan tidak terlalu mencemaskan hal-hal di masa yang akan datang.

 

3. Tersenyum Setiap Hari

childhood dan es krim
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Chankowet

Tak harus menunggu hal baik untuk terjadi agar bisa tersenyum. Kita bisa tersenyum kapan saja selama kita mau melakukannya. Saat kita bisa tersenyum setiap hari, maka itu akan memudahkan kita untuk bahagia. Sebab kita membuka diri terhadap apa pun hal yang akan terjadi pada hari yang akan kita jalani, dan tidak gampang tertekan ketika ada hal yang terjadi di luar rencana atau dugaan kita.

4. Menerima Keterbatasan Diri

childhood dan masa panen
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/chanchai+duangdoosan

Kita punya kekurangan dan kelemahan yang perlu kita terima. Bukan berarti ini akan membuat kita rendah diri atau malas meningkatkan potensi diri. Melainkan sebagai motivasi untuk selalu mencoba tantangan baru dan belajar hal baru. Ketika kita tahu keterbatasan diri, kita tak akan mudah stres menghadapi hal-hal yang di luar kendali diri atau kuasa kita. Sehingga bisa lebih ikhlas menghadapi hal yang tak bisa diubah oleh diri sendiri.

 

 

5. Bisa Bertanggung Jawab atas Pilihan Hidup

childhood dan rumah pohon
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Day2505

Hidup ini dipenuhi oleh banyak pilihan. Ketika kita mengambil sebuah pilihan, kita perlu mempertanggungjawabkannya. Sehingga kita tidak mudah menyalahkan keadaan atau orang lain saat ada hal yang terjadi di luar keinginan atau ekspektasi kita. Serta bisa lebih bijak dalam menyikapi setiap perubahan dan tantangan baru yang hadir dalam hidup.

Semoga kita bisa senantiasa menemukan kebahagiaan dalam hidup kita dengan baik, ya. Jangan lupa untuk tetap berbahagia hari ini.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela