5 Bukti Dirimu Sebenarnya Perempuan Sulung yang Berjiwa Tegar

Endah Wijayanti22 Jun 2022, 09:45 WIB
Diperbarui 22 Jun 2022, 09:45 WIB
perempuan dan tampil apa adanya

Fimela.com, Jakarta Kita tak pernah bisa memilih ingin dilahirkan di keluarga yang seperti apa. Tak pernah pula bisa memilih urutan lahir. Bagi yang terlahir sebagai anak perempuan sulung, ada sejumlah tantangan bahkan ujian hidup yang cukup berat untuk ditaklukkan sendiri.

Di antara banyaknya masalah dan ujian hidup yang dihadapi, mental dan kemampuan kita untuk bertahan di tengah kerasnya hidup ini bisa makin kuat. Bahkan ada jiwa yang tegar di dalam diri kita. Saatnya untuk lebih mengapresiasi diri dan berterima kasih pada diri yang sudah berjuang dan bertahan hingga saat ini sebagai perempuan sulung yang tegar. Berikut ini lima tanda atau bukti bahwa sebenarnya kita punya hati yang kuat dan tegar di dalam diri kita.

 

1. Tidak Pernah Lari dari Masalah

dewasa mandiri bahagia single
ilustrasi perempuan tersenyum/AnemStyle/Shutterstock

Ya, kita tak pernah lari dari masalah. Sesulit dan serumit apa pun masalah yang hadir, kita mencoba untuk menghadapinya dengan semampu dan sekuat kita. Walau mungkin cara kita menyelesaikan masalah tidak benar-benar sempurna, tapi kita tak pernah kabur dari masalah yang ada. Bagi kita, setiap masalah hadir untuk membantu kita bertumbuh dan berkembang jadi pribadi yang lebih baik.

2. Membahagiakan Orang Lain Menghadirkan Kepuasan Batin

bahagia tersenyum bekerja karier mandiri
ilustrasi perempuan cerdas/copyright by TimeImage Production/Shutterstock

Mungkin kita pernah mengorbankan sejumlah hal berharga di dalam hidup kita demi adik-adik atau orangtua. Walau tak mudah, tetapi saat bisa membahagiakan orang terdekat, kita pun ikut bahagia. Kita berusaha untuk ikut merayakan setiap kebahagiaan yang dirasakan oleh orang-orang di sekitar kita.

 

3. Mampu Mengendalikan Emosi dengan Baik

perempuan mandiri dewasa
ilustrasi perempuan serius/Chatchai.wa/Shutterstock

Setiap emosi yang kita rasakan, kita terima dengan apa adanya. Serta, senantiasa berupaya untuk mengendalikannya semampu kita. Meski dalam prosesnya kita masih sering salah dan kewalahan dalam mengendalikan emosi sendiri, tapi setidaknya kita senantiasa berusaha menjadi pribadi lebih baik dengan mengendalikan emosi yang lebih baik pula. Serta punya cara dan kebiasaan sehat untuk bisa menjernihkan pikiran di berbagai situasi.

4. Terbiasa Memenuhi Kebutuhan Sendiri

mandiri cantik bahagia berkaca mata single
ilustrasi perempuan dewasa/GaudiLab/Shutterstock

Awalnya memang tak mudah untuk membiasakan diri hidup mandiri. Namun, kita merasa butuh menjadi perempuan mandiri dan berdaya. Karena kita paham tak bisa merepotkan orang lain atau terus menerus membebani orang lain, kita melakukan berbagai upaya terbaik untuk setidaknya bisa memenuhi kebutuhan sendiri. Punya penghasilan sendiri sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup.

 

 

5. Tak Menunggu Orang Lain untuk Bisa Bahagia

perempun mandiri percaya diri
ilustrasi perempuan bahagia/mimagephotography/Shutterstock

Untuk bahagia, kita tak perlu menunggu orang lain. Tak harus menunggu dibahagiakan orang lain sebab kita bisa menciptakan kebahagiaan kita sendiri. Melalui hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan, kita bisa menemukan kebahagiaan kita sendiri. Memang tak setiap hari bisa selalu bahagia. Akan tetapi, punya kesadaran bahwa bahagia itu perlu diupayakan sudah menjadi bukti ada kedewasaan dalam diri kita.

Bagi semua perempuan sulung, terima kasih sudah berjuang dan bertahan hingga saat ini. Setiap upaya dan kerja keras kita tak pernah ada yang sia-sia. Serta, jangan lupa untuk tetap bahagia, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela