6 Penyebab iPhone Cepat Panas yang Paling Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

Vania Al kautsar26 Jun 2022, 11:58 WIB
Diperbarui 26 Jun 2022, 11:58 WIB
hp - vania

Fimela.com, Jakarta Smartphone yang memiliki keunggulan dan kapasitas yang besar adalah iPhone, tak heran lagi jika iPhone dikatakan sebagai smartphone yang paling berpengaruh. Mengingat penggunaan iPhone pada masa kini sudah banyak, tentu perusahaan besar seperti Apple akan memberikan keunggulan pada iPhone dengan keluaran terbaru mereka.

Pada saat ini iPhone yang memiliki keluaran terbaru adalah seri 13 yang memiliki 2-3 kamera belakang. Dibalik keunggulan iPhone yang ditawarkan tentu tak heran jika kita sering menemukan beberapa masalah yang berkaitan dengan iPhone, masalah pada smartphone ini sendiri tentu membuat kita khawatir mengingat harganya tak kurang terjangkau.

Mungkin bagi beberapa smartphone masalah satu ini juga  kerap terjadi, seperti lowbatt atau mungkin cepat panas. Ada beberapa faktor penyebab mengapa iPhone menjadi cepat panas. iPhone yang menjadi lebih panas biasanya disebabkan oleh baterai atau perangkat lainnya, berikut beberapa penyebab iPhone cepat panas yang bikin khawatir:

1. Baterai Rusak

Hp - Vania
Ilustrasi WhatsApp/https://unsplash.com/Dimitri Karastelev

Baterai yang buruk atau rusak tentu akan menghasilkan energi yang secara tidak teratur, hal ini mungkin akan terlalu banyak membuat iPhone bekerja sendiri dan membuatnya menjadi panas hingga sangat panas. Selain itu jika kamu mendapatkan notifikasi bahwa baterai harus diganti, ada baiknya untuk segera mengganti baterai tersebut.

2. Paparan Sinar Matahari

hp - vania
ilustrasi hp/https://unsplash.com/Giorgio Trovato

Paparan sinar matahari yang langsung tentu dapat meningkatkan suhu udara secara signifikan, selain itu paparan sinar matahari yang secara langsung dapat membuat iPhone menjadi lebih panas. iPhone yang panas karena paparan sinar matahari akan membuatnya bekerja sangat lowbatt dan terkadang tak nyaman saat digunakan.

3. Terlalu Banyak Applikasi yang Berjalan

Hp - Vania
Ilustrasi Hp/https://unsplash.com/Le Buzz

Terlalu banyak applikasi yang berjalan secara bersamaan tentu dapat membuat iPhone bekerja lebih keras dan jauh lebih panas saat digunakan. Cobalah untuk membuka applikasi yang memang kamu gunakan dan butuhkan, selain itu tutup beberapa applikasi yang sedang tidak kamu gunakan agar meminimalisir panas yang terjadi pada iPhone.

4. Streaming Berat

Hp - Vania
Ilustrasi Hp/https://unsplash.com/Wasis Riyan

Menjaga layar agar tetap terjadi merupakan salah satu aktivitas yang paling boros terutama untuk daya baterai. Saat kamu melakukan streaming video atau game selama 1 jam tentu akan membuat baterai cepat habis dan semakin panas jika dibuka terus menerus.

5. Pengaturan yang Kurang Optimal

Hp - Vania
Ilustrasi Hp/https://unsplash.com/Frederik Lipfert

iPhone tentu harus disesuaikan dengan kecerahannya secara otomatis sesuai dengan cahaya sekitar. Kecerahan yang lebih rendah tentu hanya perlu digunakan saat berada diruangan yang gelap, tetapi saat kamu berada di luar ruangan ada baiknya untuk menyesuaikan kecerahan layar.

6. Perangkat Lunak atau Applikasi yang Belum Diperbarui

hp - vania
ilustrasi hp/https://unsplash.com/Tran Mau Tri Tam

Pembaruan tentu dapat memberikan tambalan keamanan yang penting dan fungsionalitas yang ditingkatkan. Mungkin saja kamu masih menjalankan applikasi versi lama yang dapat membenani prosesor, selain itu melakukan pembaruan dapar membuat iPhone bekerja lebih cepat dan mengurangi panas.

Cara Mendinginkan iPhone yang Panas

Hp - Vania
Ilustrasi Hp/https://unsplash.com/Rob Hampson

Cara terbaik untuk mendinginkan iPhone yang panas adalah mengetahui penyebabnya, berikut beberapa cara untuk mengatasi iPhone yang panas:

  • Lepaskan Case iPhone : Casing iPhone mungkin saja dapat menghalangi aliran udara, melepaskan casing ternyata dapat memberikan udara masuk dan menghindari panas yang berlebihan pada iPhone.
  • Jangan Charge iPhone : Jangan charge iphone yang dimaksud adalah ketika panas, saat kamu merasakan iPhone semakin panas jangan sampai charge iPhone. Hal ini akan membuatnya bekerja menjadi sangat lambat dan bertambah panas.
  • Kipaskan iPhone : Kipas atau tiup iPhone tentu dapat mengatur suhu, ingatlah bahwa kamu perlu mendinginkan di kipas angin atau hanya perlu meniupnya. Jangan sampai memasukkan iPhone ke dalam freezer atau kulkas untuk mendinginkan, hal ini justru akan menyebabkan pengembunan dan air akan terbentuk di dalam dan di sekitar iPhone yang menyebabkan banyak kerusakan.

Cara Menghentikan Iphone yang Panas

Hp - Vania
Ilustrasi Hp/https://unsplash.com/Malte Helmhold

Ambil tindakan pencegahan untuk memastikan agar iPhone yang kamu gunakan tak semakin panas. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat iPhone semakin panas :

  • Hindari paparan sinar matahari langsung.
  • Tutup applikasi yang tidak ingin digunakan.
  • Jangan simpan iPhone dekat dengan perangkat lain.
  • Gunakan mode pesawat.
  • Matikan bluetooth.
  • Jangan taruh di bawah bantal.
  • Perbarui applikasi.
  • Kurangi streaming berlebih.
  • Gunakan mode daya yang rendah.
  • Restart iPhone.

iPhone yang menjadi sangat panas tentu tidak nyaman untuk digunakan, ada beberapa hal yang menyebabkan panas dan beberapa cara untuk mengatasinya yang perlu kamu lakukan. Jika kamu mengalami beberapa masalah lain ada baiknya untuk jangan panik dan mencari tahu cara untuk menghentikannya, jika perlu lakukan restart saat kamu mengalami masalah pada iPhone.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela