Sukses

Lifestyle

6 Penyebab Hp di Cas Malah Berkurang Daya yang Sering Terjadi

Fimela.com, Jakarta Penah mengalami hal satu ini? Saat mendapatkan notifikasi di hp “baterai anda 20%” tentu hal ini akan membuat kita panik dan langsung melakukan pengecasan pada hp. Tapi, terkadang ada saja masalah yang berkaitan dengan hp ketika di cas.

Saat mengisi daya hp, seharusnya dapat meningkatkan persentase baterai. Jika kamu merasa berkurang saat sedang mengisi daya, maka kamu akan bertanya “mengapa baterai hp ketika sedang mengisi daya justru mengurang?”. Masalah satu ini ternyata kerap terjadi oleh banyak orang, terutama saat mereka benar-benar membutuhkan daya pada hp.

Ternyata ada beberapa kemungkinan alasan mengapa hal ini dapat terjadi. Biasanya, hal ini menandakan adanya kabel yang terpasang dan tidak ada yang dikirim ke baterai hp. Penyebabnya mungkin saja masalah port pengisian daya, berikut beberapa penyebab lainnya hp yang mengisi daya justru berkurang yang perlu kamu tahu:

1. Kerusakan Port Pengisian Daya

Alasan yang paling utama mengapa baterai habis saat mengisi daya adalah sub-board yang rusak. Port pengisian daya yang terhubung ke sub-board dapat membuat masalah pada pengisian daya seperti pengisian daya yang berlebihan, panas, fluktuasi tegangan yang dapat menyebabkan kerusakan pada sub-board.

Sub board (port pengisian daya) Juga dapat memburuk yang disebabkan oleh kerusakan cairan terutama saat cairan yang berada di bawah layar LCD. Untuk masalah satu ini kamu perlu membawanya ke teknisi untuk mendapatkan sub board yang baru atau melakukan perbaikan.

2. Hp yang Terlalu Panas

Jika hp yang kamu gunakan terlalu panas, mungkin akan mengalami masalah baterai yang kurang saat melakukan pengisian daya. Perangkat yang terlalu panas juga tidak menerima banyak daya baterai dan tidak dapat melakukan pengisian daya sama sekali.

3. Pengisi Daya / Kabel yang Buruk

Terkadang, menggunakan pengisi daya dan kabel yang salah dapat menyebabkan baterai hp berkurang saat sedang melakukan pengisian daya. Biasanya, hal ini dapat terhentu setelah kamu melakukan pengisian daya dengan menggunakan kabel yang baru.

Jika kamu menggunakan kabel lama dan selalu mengalami masalah ini, bisa jadi hal ini disebabkan oleh kabel yang buruk. Ada baiknya, untuk mengganti kabel baru dan direkomendasikan untuk hp yang kamu gunakan.

4. Stopkontak yang Buruk

Penyebab satu ini kemungkinan dapat membuat hp yang melakukan pengisian daya justru berkurang, untuk mengujinya cukup mudah. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mencolokkan pengisi daya ke stopkontak yang berbeda dan melihat apakah baterai mulai bertambah.

5. Menggunakan Port USB Komputer

Port USB komputer terkadang tidak akan menghasilkan daya yang cukup untuk memnuhi kebutuhan baterai pada hp. Jika kamu mengisi daya dari port USB dan mengoperasikan beberapa applikasi yang menguras baterai seperti game dan sinkronasi Google, maka kemungkinan akan mengalami penurunan daya baterai saat mengisi daya.

6. Sebuah Applikasi yang menguras Baterai

Terkadang saat baterai rendah atau dibawah 20% kita masih dapat mengoperasikan beberapa applikasi dengan baik. Biasanya, applikasi dan layanan ini akan menyala sendiri setelah hp tersambung ke daya. Ketika hal ini terjadi, maka dapat menyebabkan baterai berkurang saat melakukan pengisian daya.

Selain mencoba berbagai kabel pengisian daya, adaptor, dan stopkontak, ketika masih menghadapi masalah dengan pengisian daya yang berkurang kamu perlu membawa hp ke teknisi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading