Respon Cinta Laura yang Menguatkan Korban Pelecehan Seksual Kembali Disorot

Vinsensia Dianawanti24 Jun 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 24 Jun 2022, 13:00 WIB
[Fimela] Cinta Laura

Fimela.com, Jakarta Cinta Laura menjadi salah satu figur publik yang cukup lantang ketika berbicara soal ketidakadilan dan pelecehan seksual. Sikap yang sama juga ditunjukkan Cinta Laura saat Widi Vierra bercerita soal pelecehan seksual yang pernah dialaminya di podcast Deddy Corbuzier.

Belum sempat bercerita, Widi Vierra menangis dan Cinta Laura meresponnya dengan pelukan hangat. Berbicara empat mata dengan Widi Vierra di belakang kamera, Cinta Laura pun merespon salah satu bagian dari percakapan kedua seniman itu.

"Tadi Widi bilang karena sekarang aku udah semakin dewasa, aku merasa apa yang terjadi kepada aku adalah aib," ungkap Cinta Laura mengutip perkataan Widi Vierra.

Di saat yang sama Cinta Laura pun menegaskan kasus pelecehan seksual di Indonesia merupakan lingkaran setan dan tindak kekerasan yang perlu diberantas dan dihentikan.

"Kok bisa ya masyarakat kita mengajarkan mayoritas dari penduduk negara ini untuk merasa jika ada sesuatu yang tidak adil terjadi kepada mereka itu salah mereka," kata Cinta Laura.

 

Korban hanya butuh didengarkan

[Bintang] Artis dengan poni tail
Cinta Laura selalu mengubah gaya rambut panjangnya. Tak hanya di-curly, Cinta pun kerap membuat rambutnya bergaya seperti ekor kuda. Tanpa menyisakan poni, rambutnya yang diikat pun diberikan aksen sedikit bergelombang. (Instagram/cintalaurakiehl)

Sejak awal, Cinta Laura menegaskan untuk tidak boleh memaksa korban bercerita atas trauma yang dihadapinya. Namun menurut Widi Vierra ini menjadi kesempatan yang tepat baginya untuk mulai berbicara atas apa yang ia alami sehingga tidak terjadi pada orang lain.

Selain itu, Cinta Laura juga menyoroti apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh korban pelecehan seksual. Bukan hanya dasar hukum yang jelas, melainkan juga perlakuan orang-orang di sekitar korban yang memang butuh didengarkan.

"Even pihak berwenang ngga tahu bagaimana meng-handle kasus-kasus seperti ini dengan objektif, dengan baik tanpa menghakimi. Off course victims are scare to speaking up," kata Cinta Laura.

"Yang dibutuhkan korban adalah seseorang yang mendengarkan," lanjut Cinta Laura.

 

Pelecehan seksual adalah masalah semua orang

Di Instagram pribadinya pun secara tegas Cinta Laura menyebut pelecehan seksual harus dihentikan. Cinta Laura tidak rela membiarkan pelaku pelecehan dan kekerasan seksual lolos dari jeratan hukum atas kesalahan yang mereka buat. Ia pun mempertanyakan struktur budaya seperti apa yang membuat korban pelecehan seksual harus menanggung rasa sakit dan malu atas apa yang terjadi pada mereka.

Mengajak semua pengikut dan fansnya untuk memerangi pelecehan seksual, Cinta Laura pun menyebut masalah ini menjadi masalah semua orang.

"Dengan kompas moral yang rusak dan cara berfikir yang bias, beberapa tahun kedepan sangat krusial untuk kita semua menyuarakan isu ini agar masyarakat dan pihak-pihak yang berkuasa sadar bahwa pengetahuan dan pelatihan yang intens mengenai isu ini sangat penting," tulis Cinta Laura di Instagram pribadinya.

 

Butuh pemahaman konsep soal pelecehan seksual

RUU TKPS memang sudah disahkan namun menurut Cinta Laura, isu pelecehan seksual ini tidak bisa berhenti jika cara berpikir semua pihak masih terbelakang. Mulai pelaku hingga penegak hukum itu sendiri.

"Keputusan yang objektif tidak mungkin bisa dibuat jika semua pihak belum sepenuhnya mengerti konsep pelecehan dan dampaknya terhadap korban dan masa depan bangsa ini," tutur Cinta Laura.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela