Sukses

Lifestyle

How to: Tidak Lulus UTBK? Ini Persiapan yang Bisa Dilakukan untuk Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri

Fimela.com, Jakarta Pengumuman untuk Ujian Tertulis Berbasis Komputer dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau UTBK-SBMPTN 2022 sudah diumumkan. Tahun ini ada lebih dari 800ribu peserta dari seluruh Indonesia yang mengikuti UTBK.

Namun hanya 192.810 peserta yang berhasil menduduki kursi perguruan tinggi negeri yang disediakan. Sementara lebih dari 700ribu gagal masuk seleksi tersebut.

Meski gagal, jangan langsung berkecil hati. Masih ada banyak kesempatan yang bisa kamu coba untuk masuk ke universitas impian. Salah satunya dengan mengikuti Ujian Mandiri diselenggarakan oleh masing-masing kampus.

Untuk jalur Ujian Mandiri sendiri memiliki kuota maksimal 30% di setiap perguruan tinggi negeri. Sementara PTN Badan Hukum memiliki kuota maksimal 50%. Dengan presentase ini peluang kamu masuk ke perguruan tinggi negeri masih cukup besar. Untuk itu penting untuk melakukan persiapan yang matang.

Platform edukasi berbasis teknologi, Zenius, membagikan tips untuk kamu agar bisa mempersiapkan Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri dengan baik.

 

1. Pelajari Konsep dengan Serius

Hal paling utama dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Mandiri adalah dengan mempelajari konsep dengan serius. Beberapa dari kita terkadang memilih untuk loncat mempelajari materi-materi spesifik yang kita ingin pelajari dan mengabaikan konsep dasar. Cara seperti ini justru kurang tepat dan tidak efektif dalam jangka panjang.

 

2. Perbanyak Latihan Soal-Soal Tahun Lalu

Tips kedua ini adalah senjata penting yang tidak boleh terlewatkan untuk mempersiapkan diri sebelum hari-H. Dengan melatih diri menghadapi soal-soal yang disuguhkan di ujian tahun lalu, kamu dapat membiasakan diri dan mempelajari pola-pola soal yang akan disajikan. Semakin banyak soal-soal yang kamu kerjakan, akan semakin terlatih pula muscle memory kamu.

 

3. Atasi Rasa Gugup dengan Melakukan Aktivitas selain Belajar

Bukan hal aneh jika kamu merasa gugup saat menghadapi ujian nantinya. Setiap orang pun memiliki coping mechanism yang berbeda-beda dalam mengatasi rasa gugupnya. Cara terbaik, cobalah untuk membuat dirimu menjadi rileks dengan melakukan hobi ataupun hal-hal yang kamu suka. Misalnya seperti menonton film, bermain musik, ataupun kegiatan lainnya.

 

4. Kerjakan Ujian Hingga Waktu Selesai

Manfaatkan waktu ujian yang ada secara maksimal. Kamu bisa memulai dari soal-soal yang mudah dijawab. Jika selama proses kamu bertemu dengan soal yang menurutmu sulit untuk dijawab, lewati saja dan fokus ke soal berikutnya agar tidak buang waktu. Setelah semua soal yang mudah kamu jawab dengan yakin, kamu bisa kembali ke soal-soal yang sulit dan fokus untuk mengerjakannya.

 

5. Pertajam Kemampuan

Untuk persiapan menghadapi Ujian Mandiri yang lebih maksimal, tentunya kamu bisa pertajam kemampuanmu bersama Zenius. Platform edtech ini telah dikenal memiliki rekam jejak yang baik dalam mempersiapkan siswa menuju kampus impiannya. Di tahun 2021 lalu, 7 dari 10 pengguna premium Zenius berhasil lolos UTBK, meningkat 15% dari angka kelulusan tahun sebelumnya.

Untuk kamu yang mengincar Ujian Mandiri seperti SIMAK UI dan Ujian Tulis UGM (UTUL UGM), kamu bisa mempersiapkan dirimu dengan paket Ultima Boot Camp UM dari Zenius. Di sini, kamu akan belajar dengan panduan lengkap mulai dari live class, study guide, video & try out premium. Persiapan belajarmu akan dijamin maksimal karena ada jadwal harian dan Ujian Mandiri guide dengan pengingat dan informasi lengkap dari tutor Zenius.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading