5 Penyebab Halusinasi Pendengaran yang Bikin Khawatir

Vania Al kautsar27 Jun 2022, 12:23 WIB
Diperbarui 27 Jun 2022, 12:28 WIB
Penyebab Halusinasi

Fimela.com, Jakarta Halusinasi pendengaran adalah saat kita mendengar suara, musik, atau mungkin suara liannya yang tidak ada dan hanya kita saja yang dapat mendengarnya. Terkadang beberapa orang akan menyadai suara yang sebenarnya tidak ada, beberapa orang lainnya terkadang juga tidak dapat membedakan atau bahkan pecaya suara itu terjadi.

Jenis halusinasi yang paling mengkhawatirkan adalah “halusinasi perintah” halusinasi satu ini terkadang akan membuat seseorang mendengar suara yang menyuruh mereka untuk memerintahkan melakukan sesuatu.

Halusinasi dan delusi saja berbeda, jika delusi sebuah keyakinan yang tidak sejalan dengan kenyataan. Sedangkan halusinasi pendengaran adalah mendengarkan hal-hal yang tidak ada. Apa saja penyebab halusinasi pendengaran? Berikut beberapa penjelasan penyebab halusinasi pendengaran:

1. Alkohol

Alkohol - Vania
Ilustrasi Alkohol/https://unsplash.com/Kelsey Chance

Minum berlebihan ternyata dapat menyebabkan seseorang melihat hal-hal yang sebenarnya tidak ada. Mungkin saja kamu mendengarkan banyak hal, baik saat minum alkohol atau setelah berhenti mengkonsumsi alkohol bertahun-tahun.

2. Epilepsi

Epilepsi terkadi ketika kejang akibat hal ini mempengaruhi area otak yang memproses pendengaran, mungkin saja kamu mendengar suara atau suara mendengung. Dalam beberapa kasus, seseorang yang mengalami epilepsy tidak akan merasakan suara halusinasi yang keras dan jelas.

3. Demam Tinggi dan Infeksi

Tanda-tanda Mengalami Halusinasi
Ilustrasi Halusinasi Credit: pexels.com/cottonbro

Beberapa infeksi. Seperti ensefalitis dan meningitis dapat membuat seseorang mendegar sesuatu bersamaan dengan gejala lainnya. Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang mengalami demam yang tinggi dan gejala lainnya.

4. Stres

Stres yang serius biasanya terjadi ketika kamu tengah melalui sesuatu yang traumatis dan dapat menyebabkan seseorang mengalami halusinasi. Seseorang yang sedang mengalami Stress juga sangat umum untuk mendengar suara orang yang mereka cintai terutama saat merasakan kehilangan.

5. Penyakit Kejiwaan

Halusinasi
Ilustrasi Halusinasi Credit: pexels.com/cottonbro

Mendengar suara yang tidak jelas ternyata sangat umum terjadi pada seseorang yang mengalami skizofrenia. Suara-suara ini biasanya datang dari dalam diri, hal ini terkadang akan membuat seseorang terus menerus berdebat dan mengatakan apa yang sebenarnya terjadi. Terkadang hal ini juga dapat terjadi ketika seseorang mengalami penyakit mental lainnya seperti :

  • Gangguan bipolar.
  • Gangguan kepribadian.
  • Gangguan stress pasca trauma (PTSD).

Setiap halusinasi pendengaran yang kamu rasakan sangat perlu untuk membicarakannya dengan dokter, dalam beberapa kasus mengatasi hal ini mudah. Halusinasi pendengaran juga sangat menganggu keseharian kita terutama saat ingin sedang fokus.Tetapi, ketika kamu mengalami halusinasi pendengaran dan gejala lainnya ada baiknya untuk periksakan ke dokter agar mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat.

 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela