5 Cara Lebih Kuat dan Bahagia dengan Menjadi Diri Sendiri

Endah Wijayanti28 Jun 2022, 19:15 WIB
Diperbarui 28 Jun 2022, 19:15 WIB
menjadi perempuan mandiri

Fimela.com, Jakarta Menjadi diri sendiri bisa jadi hal paling menakutkan dalam hidup ini. Di antara kita ada yang lebih mudah untuk pura-pura menjadi orang lain agar bisa mendapatkan pujian atau apresiasi dari orang lain. Apalagi ketika kita selalu merasa pujian atau apresiasi orang lain adalah sumber kebahagiaan kita, maka tak jarang kita rela memakai topeng untuk menjadi sosok lain agar bisa merasa bahagia.

Bisakah kita menjadi pribadi yang lebih kuat dan bahagia dengan menjadi diri sendiri? Kemungkinan ini tentunya ada, dan kita bisa bahagia dengan jadi diri sendiri. Ada sejumlah langkah dan cara sederhana yang bisa dicoba, seperti uraian berikut ini.

 

1. Menerima Ketidaksempurnaan

perempuan dan menjadi lebih bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Pixel-Shot

Mengutip buku The Comfort Book, hal paling sulit itu adalah menjadi diri sendiri. Dijelaskan lebih lanjut bahwa kita semua begitu terbebani sehingga kita tidak selalu bisa melihat kenyataan siapakah diri kita. Lebih mudah untuk menutupi ketidaksempurnaan daripada menerimanya. Namun, kita adalah manusia hidup dan menerima ketidaksempurnaan adalah sesuatu yang wajar bagi kita.

2. Akui Kelemahan Diri

cinta bertepuk sebelah tangan perempuan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/wilaiporn+Hancharoenkul

Kita bisa kacau. Kita bisa mengalami banyak tekanan dan bahkan stres. Bahkan tidak semua hal bisa kita lakukan dengan mulus. Kita punya kelemahan, dan mengakuinya bukan berarti kita menjadi pribadi yang pengecut. Bahkan mengakui dan menyadari kelemahan yang kita miliki bisa membuat kita terus termotivasi untuk memperbaiki diri. Karena kita tahu ada kekurangan yang kita punya, maka kita pun bisa terdorong untuk memelajari hal-hal baru untuk membantu kita bertahan di dunia ini.

3. Asah Kelebihan Diri

perempuan dan cintanya yang bertepuk sebelah tangan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/K-Angle

Selain kekurangan dan kelemahan, ada juga kelebihan dan keunggulan yang kita punya. Sekecil atau sesedikit apa pun kelebihan yang dimiliki, terus asah dan tingkatkan. Kita bisa membuat pencapaian kita sendiri. Bisa bersinar dengan cara kita sendiri. Bahkan kita bisa menghadirkan makna dan tujuan baru dalam hidup dari kelebihan yang kita punya, dan ini sudah lebih dari cukup untuk jadi sumber kebahagiaan kita.

 

4. Izinkan Diri untuk Terus Belajar

aku uang dan sebagai freelancer
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/wichayada+suwanachun

Belajar tak terbatas pada pendidikan atau institusi formal saja. Kita bisa belajar dari banyak hal dan dari berbagai hal. Membuka diri untuk terus belajar akan membantu kita senantiasa kuat di mana pun kita berada. Saat ada masalah atau persoalan rumit pun, kita bisa berupaya untuk tetap membuka diri menerima semua pengalaman dan pelajaran yang ada untuk membantu kita tumbuh jadi pribadi yang lebih kuat.

5. Fokus Mengusahakan Hal-Hal yang Masih dalam Kendali Diri

aku uang dan beasiswa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/xmee

Ada takdir dan hal-hal yang memang tak bisa kita perbaiki atau ubah, maka terima saja itu. Sementara itu, kita bisa fokus mengusahakan hal-hal yang masih dalam kendali diri. Kita masih bisa memperbaiki atau mengubah situasi yang masih dalam kapasitas kita untuk melibatkan diri. Menjadi diri sendiri bukan berarti menuntut segalanya berjalan sesuai kehendak pribadi. Melainkan, berusaha untuk melakukan upaya terbaik agar hari ini bisa lebih baik dari hari kemarin.

Semoga kita semua bisa menjadi pribadi yang kuat dan bahagia dengan menjadi diri sendiri, ya. Terima kasih sudah berjuang melakukan yang terbaik hingga hari ini.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela