Belajar Hal Baru Bisa Lebih Mudah dan Seru Lewat Konten Edukasi di TikTok

Vinsensia Dianawanti29 Jun 2022, 17:30 WIB
Diperbarui 29 Jun 2022, 17:30 WIB
Bermain TikTok

Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar hal baru. TikTok dikenal sebagai platform video pendek dengan jutaan konten dari berbagai kategori. Banyak orang yang mengakses TikTok tidak hanya untuk mencari hiburan melainkan edukasi.

Sukses dengan kampanye #SamaSamaBelajar, TikTok kembali mendukung konten edukasi agar semakin berkembang lewat kampanye #SerunyaBelajar Ada di Tiktok. Kampanye ini bertujuan untuk mengajak masyarakat menciptakan konten edukasi yang bermanfaat dengan cara yang interaktif.

"Ingin menyajikan cara belajar yang menyenangkan. Kita percaya semua orang akan terus belajar dari siapapun, khususnya ketika ingin maju harus mulai dari diri sendiri," kata Kevin Chandra, Education & Lifestyle Creators Partnership Lead, TikTok Indonesia.

Konten edukasi di TikTok masuk ke dalam lima kategori teratas yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Konten edukasi ini tidak melulu soal pendidikan, melainkan juga life-hacks, tips karier, tips makeup, hingga bisnis.

 

Pola belajar yang berubah

Belajar Hal Baru Bisa Lebih Mudah dan Seru Lewat Konten Edukasi di TikTok
Belajar tidak melulu dari sekolah, konten edukasi di TikTok bisa jadi salah satu sarana baru (TikTok Indonesia)

Pada kampanyenya yang terdahulu dalam #samasamabelajar yang berlangsung pada 2020-2021, berhasil meraih lebih dari 95 miliar views. Pencapaian ini selaras dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang mendorong penyediaan konten pembelajaran yang dibuat secara mandiri oleh kreator konten.

Dengan metode pengajaran digital ini juga menjadi upaya dari Kemendikbudristek untuk menciptakan lingkungan internet yang sehat sebagai media pembelajaran. Senada dengan Kemendibudristek, Cinta Laura Kiehl mengungkapkan terjadi perubahan norma dan cara pembelajaran yang kini mengandalkan media sebagai sumber yang pembelajaran.

"Banyak sekali adik-adik kita di luar sana yang tidak bisa mendapatkan akses belajar yang layak, terutama di masa pandemi. Media menjadi tool yang kuat untuk membangun pola pikir masyarakat, terutama generasi muda. Alangkah baiknya konten yang dibaut dapat membantu cara berpikir generasi muda," kata Cinta Laura Kiehl selaku Campaign Ambassador #SerunyaBelajar Ada di TikTok.

 

Kegiatan seru di #SerunyaBelajar Ada di TikTok

Bersama Cinta Laura Kiehl, kampanye "#SerunyaBelajar Ada di TikTok" akan menghadirkan berbagai kegiatan menarik bagi komunitas TikTok dan masyarakat lebih luas. Beberapa di antaranya adalah kompetisi konten edukasi #SerunyaBelajar di platform TikTok, kegiatan luring di MBloc Space, Jakarta Selatan yang akan diramaikan dengan berbagai diskusi bersama para ahli dan top kreator TikTok sekaligus disiarkan secara daring melalui TikTok LIVE, pertunjukan musik, instalasi seni menarik, dan beragam kegiatan seru lainnya.

Kampanye #SerunyaBelajar Ada di Tiktok akan dimulai dengan kegiatan Hashtag Challenge yang mengajak semua kreator membuat konten edukasi dengan hashtag tersebut. Diikuti dengan TikTok Live Series yang melibatkan sejumlah expert untuk berbagi cerita dengan tema #SerunyaBelajar Bangun Masa Depan pada 29 Juni-7 Juli 2022.

Perjalanan kampanye ini akan ditutup dengan Exhibition and Networking Party pada 4-7 Juli 2022 di MBloc Space yang menghadirkan kreator konten untuk bisa bertemu dan berbagi secara langsung. Acara ini terbuka bagi seluruh masyarakat dan gratis.

Lanjutkan Membaca ↓