5 Cara Mengembalikan Semangat Bekerja bagi Perempuan Mandiri

Endah Wijayanti03 Jul 2022, 18:45 WIB
Diperbarui 03 Jul 2022, 18:45 WIB
perempuan dan semangat kerja lagi

Fimela.com, Jakarta Semangat bekerja bisa terasa kendor atau menurun di waktu-waktu tertentu. Apalagi ketika kita baru menyelesaikan pekerjaan berat dengan tenggat yang mepet, energi yang sudah terkuras habis membuat kita rasanya tak sanggup untuk menjalani rutinitas baru lagi. Atau ketika sedang ada masalah yang cukup pelik, menjalani rutinitas bekerja rasanya sudah tidak bersemangat lagi.

Ada sejumlah cara yang bisa dicoba untuk mengembalikan semangat bekerja. Khususnya bagi kita yang terbiasa hidup mandiri, kita perlu melakukan sejumlah upaya semampu kita untuk bisa kembali bekerja dengan perasaan positif. Berikut ini lima cara yang bisa dicoba. Yuk, simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Berlibur Sejenak

my trip story dan temanggung
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Yato

Saat mulai meras hilang semangat, mungkin ini memang saatnya kita untuk ambil cuti dan berlibur. Berlibur bisa jadi obat paling ampuh untuk menjaga kondisi tubuh dan pikiran kembali segar. Tak harus liburan yang jauh, mengunjungi tempat-tempat baru di dalam kota sendiri pun sudah bisa bantu menjernihkan pikiran.

2. Membuat Jurnal Baru

aku uang dan sebagai freelancer
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/wichayada+suwanachun

Siapkan buku atau jurnal baru untuk mencatat semua kegiatan harian. Dengan jurnal tersebut kita bisa menuliskan jadwal harian dan membuat hari-hari yang kita jalani lebih terarah. Biar makin semangat, kita juga bisa memberi reward atau hadiah untuk diri sendiri setiap kali berhasil menyelesaikan target atau mematuhi jadwal yang sudah kita buat.

 

3. Hadiahi Diri Sendiri

bahagia bekerja mandiri
ilustrasi perempuan karier baju merah/Alissa Kumarova/Shutterstock

Saat hilang semangat, cobalah untuk lebih memperhatikan diri sendiri. Bisa dengan menghadiahi diri sendiri. Menghadiahi diri sendiri sebagai bentuk cintamu terhadap diri sendiri. Cari dan buat hadiah untuk diri sendiri bisa menghadirkan perasaan bangga dan bahagia yang istimewa. Suasana hati pun bisa makin membaik.

4. Mengubah Penampilan

perempuan dan jenuh bekerja
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Mengenakan baju yang berbeda, mencoba gaya rambut berbeda, atau menggunakan riasan yang belum pernah dicoba, kita bisa mengubah penampilan kita untuk memberi nuansa baru dalam keseharian. Penampilan baru bisa membuat kita mendapatkan semangat baru, dan ini bisa membantu kita untuk kembali tergerak menjalani rutinitas yang lebih produktif.

5. Coba Hobi Baru

tersenyum karier dewasa sabar mandiri
ilustrasi perempuan bekerja/Diana Grytsku/Shutterstock

Perasaan tidak semangat bekerja bisa jadi karena kita sedang jenuh. Salah satu cara untuk bantu mengatasi situasi ini adalah dengan mencoba hobi baru. Coba kegiatan atau aktivitas baru yang belum pernah dicoba. Perasaan senang bisa mencoba hobi baru nantinya akan menular pada semangat bekerja yang makin meningkat.

Yuk, kembali bersemangat lagi. Semoga info dan tips-tips di atas bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela