Sukses

Lifestyle

Mengapa Cabai Hijau Bisa Berubah Menjadi Cabai Merah? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Bagi kamu pecinta pedas mungkin tak lengkap jika sedang makan apapun tanpa ada sambel, makanan terasa kurang nikmat jika tidak memiliki rasa pedas.

Mungkin saat membuat sambel kamu lebih sering memilih cabai yang kecil dari pada besar, selain itu lebih sering memilih sambel yang berwarna merah daripada hijau.

Ternyata, cabai yang kecil memiliki rasa yang lebih pedas daripada cabai besar. Mengapa cabai warna hijau mengalami perubahan menjadi warna merah? Berikut penjelasan lebih lanjut:

Perubahan Warna Cabai Hijau ke Cabai Merah

Ternyata proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabai satu ini seperti proses pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman lainnya, atau disebut sebagai proses dormansi biji. Kemudian dapat berkembang menjadi perkecambahan, pertumbuhan organ tanaman, perkembangan generatif tanaman, pembuahaan, penuaan, yang berakhir pada proses kematian.

Perubahan warna cabai hijau ke merah tersebut memiliki nama ilmiah yang berasal dari ‘zat pektin’ yang mengatur pada perubahan warna. Zat pektin pada cabai ini akan membuatnya menjadi tua tentu mengalami perubahan warna. Pada cabai sendiri perubahan warna dapat terjadi karena intensitas sinar matahari.

Perubahan warna pada cabai sendiri tergantung penyinarannya, jika bagus maka cabai dapat berubah warna dengan cepat. Karena sinar matahari, akan membuat cabai mengalami penguapan dan proses penguapan tersebut yang dibutuhkan oleh cabai agar mengalami perubahan warna.

Cara Ampuh Merawat Tanaman Cabai

  1. Letakkah di bawah sinar matahari, saat kamu mulai menanam cabai sangat penting untuk menanam di area yang sangat panah. Hal ini akan membuat cabai berubah warna dengan cepat karena melalui proses penguapan.
  2. Menggunakan pot yang besar, ternyata pemilihan pot yang besar dapat mengoptimalkan tanaman dan memberikannya cukup ruang.
  3. Berikan pupuk pada tanaman cabai, pupuk sangat penting untuk proses pertumbuhan tanaman cabai.
  4. Pemangkasan, ternyata pemangkapan pada cabai juga perlu dilakukan jika usianya sudah 2 bulan.
  5. Menggunakan lampu khusus tumbuh tanaman, mungkin diantara kamu masih asing dengan istilah satu ini. Menggunakan lampu khusus dapat memberikan energy dan penerangan yang optimal, terutama di malam hari.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai pertumbuhan cabai dan mengapa mengalami perubahan warna yang perlu kamu tahu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading