5 Bukti Dirimu Sebenarnya Perempuan Pekerja Keras yang Tangguh

Endah Wijayanti04 Jul 2022, 07:45 WIB
Diperbarui 04 Jul 2022, 07:45 WIB
sukses jadi karyawan

Fimela.com, Jakarta Memenuhi banyak tuntutan dan tekanan hidup bisa sangat melelahkan. Begitu banyak hal yang rasanya harus dipenuhi dan dicapai. Apalagi bila kita harus bekerja lebih keras dari orang lain untuk mendapatkan sesuatu, rasanya hidup ini jadi makin berat untuk dijalani.

Ketika bekerja keras menjadi satu-satunya pilihan untuk bisa bertahan hidup, maka kita perlu melakukannya semampu kita. Walau banyak tantangannya, tapi terbiasa bekerja keras bisa membentuk pribadi kita jadi lebih tangguh. Berikut ini lima tanda yang bisa jadi bukti bahwa kita merupakan perempuan pekerja keras yang kuat dan tangguh.

 

1. Mengisi Waktu dengan Hal-Hal yang Bermakna

aku uang dan jatuh bangun bisnis
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/nengnatee

Bermalas-malasan tidak ada dalam kamus hidupmu. Tiap hari kamu jalani dengan berbagai hal bermakna. Saat bekerja, kamu melakukan dan menyelesaikan pekerjaan dengan sepenuh hati. Saat beristirahat, kamu juga fokus untuk memulihkan diri dan energi tubuh. Setiap detik waktu terasa sangat berharga bagimu, sehingga kamu tak pernah menyia-nyiakannya untuk hal yang tak berguna.

2. Punya Motivasi Diri untuk Terus Bertumbuh

aku uang dan sebagai freelancer
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/wichayada+suwanachun

Kamu tidak menunggu disemangati orang lain untuk bisa beraktivitas. Bukan berarti kamu bersikap egois atau merasa paling benar sendiri. Namun, kamu menyadari bahwa memiliki motivasi diri menjadi bekal paling utama dan penting untuk tidak gampang menyerah menjalani hidup. Kamu terus bertumbuh dan berproses jadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu.

3. Mensyukuri Setiap Proses yang Dijalani

aku uang dan ibu rumah tangga
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/tuaphoto

Melakukan suatu pekerjaan kadang bisa terasa sangat berat. Apalagi kalau hasilnya tidak sesuai harapan, tetapi kamu menikmati setiap proses yang kamu dapatkan. Setiap proses dan upaya yang kamu lakukan mempekaya jiwamu, dan ini selalu kamu syukuri. Ketika ada masalah atau hal yang tak sesuai harapan, kamu pun tak gampang merasa putus asa.

4. Punya Kemandirian Tinggi

aku uang dan mandiri finansial
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/weedezign

Terbiasa bekerja keras membuatmu menyadari pentingnya memiliki kemandirian yang tinggi. Sebab tidak setiap waktu kamu bisa bergantung pada orang lain. Ada kalanya sebuah masalah atau persoalan dihadapi sendiri. Kalau gagal melakukan sesuatu, kamu pun bisa kembali bangkit dengan tekad yang lebih kuat. Tidak manja atau menyusahkan orang lain.

 

5. Memiliki Mekanisme Pertahanan Atasi Tekanan

aku uang dan perempuan santai
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Tong_stocke

Mengutip buku How to Love, manusia mengatasi stres dengan kebiasaan dan pengetahuan masing-masing. Tiap individu punya mekanisme pertahanan dirinya sendiri. Mekanisme pertahan diri adalah kebiasaan yang sudah berlangsung lama dan susah diperbaiki. Ada yang bisa menenangkan diri dengan menyendiri. Ada juga yang butuh teman bicara untuk bisa meringankan perasaan. Bila kita menyadari dan bisa memanfaatkan mekanisme pertahanan yang dimiliki, kita bisa lebih mudah mengatasi setiap tekanan dan tantangan hidup yang ada.

Tetap semangat menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu, ya. Terbiasa bekerja keras bisa membantu kita bertahan di situasi-situasi sulit dalam hidup ini.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓