5 Cara Praktis Membuat Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Kerja

Kezia Prasetya Christvidya04 Jul 2022, 13:46 WIB
Diperbarui 05 Jul 2022, 12:33 WIB
cv

Fimela.com, Jakarta Daftar riwayat hidup sangat diperlukan untuk melamar kerja. Perusahaan akan sangat mempertimbangkan daftar riwayat hidup yang kreatif dan isinya lengkap. Sehingga daftar riwayat hidup untuk melamar kerja harus dibuat semenarik mungkin.

Daftar riwayat juga sering disebut dengan curriculum vitae atau CV. Tak hanya digunakan untuk melamar pekerjaan saja. CV juga bisa digunakan untuk mencari beasiswa atau magang.

Daftar riwayat hidup memiliki beberapa jenis dan juga fungsi yang berbeda. Bahkan zaman sekarang ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat CV. Yuk ketahui cara mudah membuat daftar riwayat hidup berikut ini:

Jenis Daftar Riwayat Hidup

cv
ilustrasi cara membuat daftar riwayat hidup/Sixteen Miles Out/unsplash

1. Daftar Riwayat Hidup untuk SMA

Daftar riwayat hidup atau CV yang dibuat oleh anak SMA bisa digunakan untuk mencari beasiswa kuliah. Sehingga harus disertakan riwayat pendidikan atau asal SMA. Kemudian tambahkan juga prestasi akademik atau non akademik, dan hal yang berhubungan tentang kualitas dirimu. Jangan lupa menulis refrensi dari guru atau pembimbingmu, dan beri penjelasan tentang pengalaman dalam organisasi.

2. Daftar Riwayat Hidup untuk SMK

Sebenarnya CV untuk SMA dan SMK hampir sama, tetapi CV untuk SMK harus lebih terperinci. CV untuk SMK bisa digunakan untuk mencari magang, beasiswa kuliah maupun kerja. Di dalam CV anak SMK, harus terdapat tentang keterampilan yang dimiliki sesuai dengan bidang yang ingin dilamar. Jika sudah pernah magang sebelumnya, pengalaman tentang magang dan kerja ini bisa bisa dimasukkan ke dalam CV, untuk membuat perusahaan lebih yakin untuk memilih dirimu.

3. Daftar Riwayat Hidup untuk Mahasiswa

Daftar riwayat hidup yang dibuat oleh mahasiswa harus lebih lengkap daripada SMA atau SMK. Selain ada data diri yang lengkap, riwayat pendidikan SMA dan kuliah, harus ada juga pengalaman magang, pengalaman kepanitiaan dan pengalaman sebagai relawan. Kalau saat kuliah pernah membuat karya ilmiah, jurnal, penelitan dan semacamnya, kamu juga bisa menyertakan hal tersebut ke dalam CV mu, berserta prestasi lain yang pernah kamu dapatkan saat kuliah.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Kerja

cv
ilustrasi cara membuat cv/Dimitri Karastelev/unsplash

1. Buat Draft

Sebelum membuat daftar riwayat hidup, buatlah draft terlebih dahulu. Agar CV yang dibuat lebih tersusun secara sistematis dan rapi. Gunakan kalimat sederhana untuk membuat CV yang mudah dibaca.

2. Tulis Informasi Secara Lengkap

Jika draft sudah dibuat dengan benar, tuliskan informasi daftar riwayat hidup secara lengkap. Tulis identitas lengkap yang terdiri dari nama lengkap, nama panggilan, alamat domisili, alamat yang ditinggali, tanggal lahir, usia dan foto diri. Tambahkan informasi tentang pendidikan terakhir, pengalaman kerja, pengalaman organisasi dan keahlian.

3. Buat Kalimat Penutup

Terakhir, tuliskan kalimat penutup dengan rapi. Pastikan Sahabat Fimela menuliskan minat posisi pekerjaan yang akan dilamar. Cek ulang CV tersebut dan jangan sampai ada penulisan kata yang salah. Lalu tanda tangan dan nama terang di bagian kanan bawah.

Kesalahan Membuat Daftar Riwayat Diri

cv
ilustrasi cara membuat cv/Amelia Bartlett/unsplash

Hati-hati dalam membuat daftar riwayat hidup atau CV. Karena CV yang kurang menarik bisa membuat HRD tidak melirik lamaranmu. CV bisa dibuat menggunakan aplikasi maupun situs gratis seperti resume.com, resume.io, resumonk, connectCV, visualCV, canva, dan resume genius.

Kesalahan yang sering dilakukan dalam pembuatan CV adalah tidak menuliskan informasi secara lengkap, dan menggunakan desain CV yang kurang profesional. Pastikan tidak salah penulisan dalam menulis CV, karena penulisan yang salah bisa menyebabkan kesalahan yang fatal. Sehingga Sahabat Fimela harus melakukan cek ulang setelah menulis CV.

Penulisan CV yang terlalu panjang dan kependekan tidak akan menarik. Tulislah CV seperlunya dan tetap profesional. Usahakan juga tidak menulis infromasi yang tidak diperlukan dalam pekerjaan.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela