Sukses

Lifestyle

7 Penyebab Cemas Terhadap Pasangan yang Perlu Kamu Hindari

Fimela.com, Jakarta Menjalin hubungan dengan seseorang yang kita cintai tentu akan membuat kita merasakan kenyamanan dalam kasih sayang, selain itu kita juga akan mengembangkan kepercayaan, menjalin komunikasi, serta mengetahui batasan antar pasangan.

Terkadang dalam sebuah hubungan kita akan menghadapi berbagai masalah yang menghadang, sangat wajar jika kita akan bertemu dengan beberapa masalah ini. Kemudian kita akan menanyakan dan terus mempertanyana  ke diri sendiri serta pasangan, antara sebuah hubungan yang kalian jalani.

Akan ada banyak pertanyaan seperti apakah akan bertahan lama? Atau apakah ia menyembunyikan sesuatu dariku? Pertanyaan yang selalu ada di fikiran kita terkadang akan memperburuk keadaan. Kekhawatiran dan rasa cemas terhadap pasangan sangatlah wajar, tapi apa saja yang dapat membuat seseorang cemas terhadap pasangan, cek di bawah ini:

1. Ketidakpastian dalam Hubungan

Penyebab yang paling umum dari kecemasan terhadap pasangan adalah ketidakpastian akan hubungannya di masa depan, hal ini sangat wajar dan tentu setiap orang akan mengalaminya. Selain itu ketidakpastian dapat terjadi karena adanya sebuah pertengkaran atau putus cinta dengan pasangan sebelumnya.

Ketika rasa kepercayaan dalam sebuah hubungan hilang, maka akan membuat ketidakpastian dalam hubunganmu dan pasangan kedepannya. Hal inilah yang terkadang dapat membuat kecemasan dengaan pasangan.

2. Hilangnya Kepercayaan

Selain ketidakpastian dalam hubungan masalah lain yang sering membuat seseorang cemas adalah hilangnya kepercayaan. Seseorang terkadang akan merasakan hilangnya atau kurang kepercayaan dengan pasangan karena, berbagai masalag seperti perselingkuhan atau kurang serius dalam sebuah hubungan. Kepercayaan dapat menjadi salah satu landasan yang penting dalam sebuah hubungan yang sedang dijalani, tentu saat kepercayaan pada pasangan itu hilang maka akan sulit untuk membangunnya kembali.

3. Pertengkaran

Adanya masalah atau mungkin pertengakaran kecil, merupakan sebuah bumbu-bumbu hubungan yang terkadang dapat menjadi masalah atau justru sebaliknya. Rasa cemas atau khawatir yang kamu alami dengan pasanganmu, terkadang akan menimbulkan pertengkaran. Kekhawatiran inilah yang terkadang dapat membuat kecemasan karena teralu takut kehilangan pasangan.

4. Stres

Kecemasan dalam hubungan merupakan hal yang sangat umum terjadi, hal ini juga dapat disebabkan stress yang kita aami. Biasanya stress akan berkembang seiring waktu dan dapat menjadi jangka panjang, selain itu stress yang dirasakan juga dapat menyebabkan gangguan kecemasan dalam hubungan.  

5. Overthinking

Overthingkin atau berpikir yang berlebihan, apakah kamu pernah berfikir tentang hal buruk terhadap pasangan? Atau mungkin kamu bertanya tentang “Apakah pasanganku mencitaku?” hal ini merupakan sebuah tanda bahwa kamu selalu overthinking. Terlalu memikirkan hal yang memang tidak terjadi atau berfikir negatif tentang pasangan justru dapat memperburuk keadaan dan suasana dalam hubunganmu.

6. Butuh Pengakuan

Kecemasan akan datang pada seseorang ketika mereka terus menerus memaksa pasangannya untuk mengaku atau membutuhkan validasi bahwa ia mencintaimu. Terus menerur mencari kepastian dari pasangan merupakan sebuah tanda dari perasaan yang membuat insecure diri sendiri atau pasangan.

7. Insecurity

Setiap pasangan atau hubungan terkadang akan memunculkan perasaaan “insecurity” yang berbeda, dalam sebuah hubungan jika pasanganmu merasa cemas maka salah satu pasangan mungkin ada yang merasa insecurity. Justru dalam sebuah hubungan insecurity ini jelas terlihat nyatanya, seperti pencapaian pasangan atau mungkin masalah fisik.

Semua kecemasan yang kamu alami dalam hubungan merupakan hal yang sangat wajar dan dapat terjadi oleh siapa saja, mungkin kita akan berteman baik dengan kecemasan yang kita rasakan. Komunikasi merupakan sebuah kunci dalam hubungan untuk mengatasi kecemasan yang kamu rasakan, setiap orang tentu memiliki metode komunikasi yang berbeda. Maka dari itu ketika kamu merasa cemas, khawatir, insecurity, cemburu, dan lain sebainya ada baiknya untuk membicarakan hal itu dan cari solusi bersama.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading