Sukses

Lifestyle

Diary Fimela: Usaha Roti Rumahan Sukses Ekspansi di Tiga Kota Berkat Teknologi Digital

Fimela.com, Jakarta Usaha kuliner cukup menjamur di masa sekarang. Ada saja inovasi terbaru yang dihadirkan di industri kuliner karena memiliki potensi bisnis yang cukup tinggi.

Namun membangun bisnis bukanlah satu hal yang mudah, ada perencanaan yang matang serta tantangan yang harus dilalui. Terlebih dengan adanya pandemi yang memberikan efek domino pada semua aspek, termasuk pelaku bisnis skala kecil hingga besar.

Situasi saat ini mendorong pemilik bisnis untuk lebih peka serta jeli dalam mengambil keputusan dan mampu beradaptasi di tengah perubahan kebiasaan dan kebutuhan masyarakat. Hal tersebut juga dilakukan Hendra Septianus, Pemilik Mongki Roti, sebuah bisnis rumahan asal Malang.

 

Strategi ekspansi bisnis

Kini ia sukses memiliki puluhan varian roti dan kue, hingga tiga gerai di beberapa kota di Jawa Timur. Mongki Roti dibangun Hendra bersama rekannya pada 2018, dengan pertimbangan dan riset yang matang dalam memilih bisnis yang bisa bertahan lama dan banyak dikonsumsi banyak orang.

"Untuk itu, saya memilih usaha di bidang food and beverage karena perputarannya yang sangat cepat, meskipun memerlukan strategi yang efektif. Kami pun memilih produk roti mengingat roti bisa dinikmati kapanpun dan momen apapun, seperti halnya gorengan," kata Hendra Septianus selaku Pemilik Mongki Roti.

Sebagai salah satu strategi, Hendra dan rekannya juga membandrol harga yang sangat terjangkau untuk produk-produknya. Dengan perencanaan yang matang tersebut, Mongki Roti yang awalnya memiliki satu gerai di Malang, pada tahun 2019 berhasil dikenal luas dan membuka gerai kedua dan ketiga di kota lain di Jawa Timur.

 

Dimulai dari modal kecil

Hendra percaya bahwa bisnis bisa dimulai dengan modal kecil, namun konsep dan perencanaan yang matang wajib dilakukan agar bisnis bisa mempertahankan eksistensinya.

“Setelah kami membuka gerai Mongki Roti pertama, target kami adalah menjangkau konsumen yang kami ingin sasar. Upaya yang kami lakukan salah satunya adalah memaksimalkan penjualan di berbagai kanal baik secara online dan offline," kata Hendra.

 

Jangkau konsumen lebih banyak

Di masa yang serba digital, Mongki Roti bisa dengan mudah menjangkau konsumen di kota lain bahkan hingga ke luar Jawa Timur dengan masuk ke marketplace. Lalu, untuk menambah kemudahan transaksi di gerai, Mongkir Roti juga mengadopsi layanan pembayaran digital ShopeePay. Selain itu, penjualan lewat Instagram dan WhatsApp juga masih didorong untuk menjangkau segmen konsumen yang memesan dalam jumlah banyak untuk acara tertentu dalam jumlah banyak.

Upaya Hendra untuk bisa memperluas jangkauan bisnis dimulai dengan bergabung menjadi seller di Shopee dan merchant ShopeePay pada Desember 2020. Langkah ini cukup tepat mengingat di masa pandemi, sempat ada pembatasan aktivitas fisik masyarakat sehingga transaksi secara offline pun menurun. Namun, adopsi teknologi yang dilakukan membantu Mongki Roti bertahan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading