Sukses

Lifestyle

5 Cara Tegarkan Diri saat Merasa Sangat Kesepian

Fimela.com, Jakarta Saat kita merasa kesepian, kadang kita merasa seakan menjadi orang yang paling merana di dunia. Ada perasaan diabaikan, dikucilkan, bahkan menjadi seperti orang yang tidak berguna. Namun, seiring waktu berjalan dan bertambahnya usia, kita perlu menyadari bahwa kesepian adalah bagian dari kehidupan kita.

Kesepian perlu kita rengkuh. Kita pun perlu berdamai dengannya. Kita bisa menjadi pribadi yang lebih tegar dan kuat dalam melalui kesepian yang ada. Bagi yang saat ini merasa sangat kesepian, cara-cara ini bisa dicoba untuk membuat diri lebih kuat dan tegar lagi.

 

1. Mengelola Waktu Lebih Baik Lagi

Mengutip buku Apa yang Kita Pikirkan ketika Kita Sendirian, "...ada saatnya ketika kita dihadapkan pada kesendirian, kita menyadari bahwa kita dan hanya kitalah yang pada akhirnya bertanggung jawab atas keberadaan diri kita. Memang kita tidak minta dilahirkan dan kita tidak tahu akan menjadi apa setelah mati nanti, tetapi kita bertanggung jawab dan harus mengelola waktu yang diberikan kepada kita di dunia ini." Kesendirian dan kesepian tak perlu diratapi berlebihan, justru coba optimalkan dengan mengelola waktu sesuai kebutuhan dan kepentingan kita dengan lebih baik.

2. Jalani Rutinitas yang Disukai

Bangun dan jalani rutinitas yang disukai. Lakukan hal-hal dan aktivitas yang bisa dinikmati setiap waktu. Dari rutinitas bekerja hingga rutinitas rehat, semua bisa dilakukan untuk menjalani hidup yang lebih seimbang. Sehingga tak lagi ada waktu untuk meratapi keadaan atau kesepian yang ada.

 

 

3. Kurangi Membuat Perbandingan Diri

Kalau perlu lakukan detoks media sosial agar tidak terobsesi melakukan perbandingan diri. Sehingga bisa lebih fokus menjalani keseharian dan kehidupan sendiri. Biasanya makin sering membandingkan diri dengan orang lain, makin kuat rasa kesepian yang dirasakan. Intinya saat merasa kesepian, fokuskan lebih banyak perhatian, waktu, dan energi untuk diri sendiri.

 

 

4. Bahagiakan Diri Sendiri

Kadang yang membuat kita sedih atau merana saat dilanda kesepian adalah merasa sulit bahagia. Padahal kita selalu punya peluang dan kesempatan untuk membahagiakan diri sendiri. Justru banyaknya ruang dan waktu yang kita punya bisa kita manfaatkan untuk melakukan hal-hal yang kita sukai dan bisa membahagiakan kita.

 

 

5. Berlapang Dada Menerima Ketidaksempurnaan Diri

Agar lebih nyaman berhadapan dengan diri sendiri, kita perlu menerima semua ketidaksempurnaan yang ada. Belajar menerima diri dengan lebih utuh akan membantu kita memiliki emosi yang stabil. Sebab dengan penerimaan diri, kita lebih mudah mengontrol emosi dan perasaan kita dengan lebih sehat lagi.

Kalau perasaan kesepian atau kesedihan terus berlarut-larut, bahkan mulai mengarah ke gejala depresi, ada baiknya untuk mencari bantuan profesional ya. Bisa ke psikolog atau psikiater sesuai kebutuhan. Terima kasih untukmu yang sudah berjuang dengan baik hingga hari ini.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading