Sukses

Lifestyle

6 Tips Dapur Bersih dan Rapi agar Rumah Nyaman Ditinggali

Fimela.com, Jakarta Salah satu ruangan yang sering diabaikan untuk dibersihkan adalah dapur. Dapur sebenarnya termasuk area yang sering dikunjungi orang di dalam rumah dan sering dipakai. Jadi pastikan menjaga kebersihan dan kerapian dapur. Ini beberapa tips menjaga dapur bersih agar rumah makin nyaman ditinggali.

1. Buang semua sampah

Semua sampah di sini bukan hanya sampah yang kamu buang di dalam tempat sampah tapi juga sampah lainnya seperti wadah plastik yang sudah tidak dipakai, sayuran yang sudah menguning, buah yang sudah keriput dan berbagai bumbu-bumbu yang sudah kedaluwarsa.

2. Siapkan kain lap dan sabun pembersih

Hal kedua yang perlu disiapkan adalah lap kain dan sabun pembersih. Gunakan botol untuk menampung sabun yang sudah dicampur dengan air. Semprotkan ke berbagai tempat yang perlu dilap atau dibersihkan. Karena kemungkinan banyak sela-sela dapur yang harus dibersihkan, lebih baik gunakan botol semprot sehingg bisa menjangkau setiap sudut dapur.

3. Cuci bersih semua peralatan masak

Segera cuci piring kotor, gelas kotor dan berbagai macam peralatan masak dan makan yang menumpuk. Biasakan segera mencuci peralatan dapur kotor setelah memakainya agar tidak malas membersihkan ketika sudah menumpuk dan menimbulkan bau.

4. Perhatikan area kompor

Seringkali area kompor, mulai dari meja dan permukaan kompor akan tampak sangat kotor karena sering dipakai dan mengalami banyak cipratan makanan ketika diolah, entah itu kuah, minyak, remah-remah makanan dan lain sebagainya. Jika menumpuk, pasti akan menimbulkan sisa kotoran berlemak yang menjijikkan. Jadi sering-sering lap dengan sabun cuci piring untuk menjaganya tetap bersih.

5. Tata peralatan dapur

Sebisa mungkin letakkan kembali peralatan dapur yang sudah dipakai ke tempatnya, misalnya langsung meyimpan kembali panci presto ke dalam lemari setelah dicuci dan kering. Segera simpan gelas-gelas cantik ke dalam kardusnya setelah ada jamuan atau tamu di rumah dan lain sebagainya sehingga dapur tetap terlihat rapi.

6. Jangan malas bersih-bersih

Jika ingin memiliki dapur bersih dan rapi, hal utama yang perlu dimiliki setiap individu adalah kemauan untuk bersih-bersih. Jangan malas bersih-bersih karena dapur setiap hari dipakai dan dijadikan tempat untuk menaruh makanan bersih. Jadi pastikan dpaur juga bersih dan tidak akan menimbulkan kontaminasi pada makanan.

Itu dia sekian tips dapur bersih dan rapi yang bisa kamu terapkan di rumah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading