5 Bukti Dirimu Sebenarnya Berjiwa Muda dan Bahagia

Endah Wijayanti06 Agu 2022, 10:15 WIB
Diperbarui 06 Agu 2022, 10:15 WIB
jalani hidup bahagia

Fimela.com, Jakarta Usia boleh bertambah tapi jiwa bisa tetap muda. Berjiwa muda yang dimaksud di sini adalah senantiasa bersemangat menjalani hidup dan makin mudah bahagia menjalani keseharian. Di dalam dirimu pun bisa jadi ada jiwa muda yang bersemayam.

Saatnya untuk menjalani hidup dengan semangat yang lebih tinggi lagi. Berikut ini lima tanda umum atau bukti bahwa sebenarnya ada jiwa muda di dalam dirimu. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Punya Selera Humor yang Menyenangkan

perempuan dan bahagia jalan hidup
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Melansir laman Lifehack.org, orang dewasa yang berjiwa muda senantiasa berusaha menikmati hari, tersenyum, dan tertawa tiap kali ada kesempatan tanpa harus menunggu ada alasan untuk melakukannya. Saat kamu punya selera humor, kamu tidak akan mudah stres dalam menjalani hidup. Hal ini pun membuatmu senantiasa berjiwa muda sebab kamu selalu bisa melihat hal baik dari segala sesuatu.

 

2. Suka Mencoba Hal-Hal Baru

perempuan dan minum teh buku
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Drazen+Zigic

Anak-anak suka mencoba hal-hal baru. Bahkan mereka tak segan untuk melakukan hal-hal yang masih terasa asing bagi mereka. Orang dewasa yang senantiasa dan suka mencoba hal baru memiliki jiwa muda di dalam dirinya. Sebab dari setiap hal baru yang dicoba, ada pengalaman yang memperkaya jiwa dan menjaga semangat tetap muda.

 

3. Tidak Terbelenggu Masa Lalu

tersenyum minum teh pagi hari
ilustrasi perempuan bahagia/TimeImage Production/Shutterstock

Kamu menjalani masa kini dengan sepenuh hati. Senantiasa melakukan semua hal yang terbaik hari ini tanpa terus menerus merasa terbelenggu oleh masa lalu. Kamu tak merasa malu atau kecewa atas luka dan kejadian di masa lalu, karena selalu ada pelajaran dan hikmah berharga yang bisa dipetik untuk mendewasakanmu.

4. Berlapang Dada Menerima Realitas

perempuan dan minum teh masa lalu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/K-Angle

Makin dewasa, kita bisa makin rentan stres karena memaksakan kehendak dan menuntut segalanya terjadi sesuai keinginan. Padahal tak semua hal bisa kita kendalikan. Saat kita bisa berlapang dada menerima realitas yang tak bisa kita ubah, jiwa kita akan senantiasa terasa baru karena ada rasa ikhlas yang melapangkan segalanya.

 

 

5. Tidak Pernah Menyimpan Dendam

perempuan dan minum teh duduk
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Tak pernah ada dendam di dalam hati. Sama sekali tak pernah punya nait buruk untuk membalas perbautan atau perlakukan orang lain. Kalaupun marah atau kesal, itu tak berlangsung selamanya. Perasaan positif selalu bisa kamu hadirkan karena kamu sangat menghargai hidupmu yang cuma sekali ini.

Yuk, tetap semangat jalani hidup dan terus nyalakan serta jaga jiwa muda di dalam diri kita.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela