5 Cara agar Tak Mudah Stres Hadapi Hidup yang Naik Turun

Endah Wijayanti06 Agu 2022, 12:15 WIB
Diperbarui 06 Agu 2022, 12:15 WIB
perempuan dan semangat positif

Fimela.com, Jakarta Perjalanan hidup tak selamanya mulus. Kadang bisa naik turun tanpa pernah kita duga. Bisa penuh liku dan jauh dari prediksi yang pernah kita buat.

Menghadapi hidup yang naik turun, kita perlu senantiasa berupaya untuk kuat dan tegar di segala situasi. Memang ada kondisi atau situasi yang tak bisa kita hindari dan membuat kita stres. Namun, kita bisa melakukan sejumlah upaya agar tidak gampang stres mengarungi kehidupan ini.

 

 

1. Pahami Dikotomi Kendali

menjadi perempuan kuat
Tetap semangat, jangan menyerah./Copyright shutterstock.com

Pernah dengar soal dikotomi kendali? Dikotomi kendali adalah pembagian hal dalam hidup terbagi menjadi dua hal, yaitu: yang berada di bawah kendali diri dan di luar kendali diri. Mengutip buku Filosofi Teras, dalam realitas kehidupan yang kita jalani ini ada hal-hal yang bisa dikendalikan dan ada yang tidak. Yang membuat kita gampang merasa stres biasanya adalah karena kita memaksakan diri mengubah atau mengendalikan hal-hal yang di luar kendali kita. Jadi, ada baiknya kita lebih sadar diri soal apa saja yang bisa dikendalikan dan apa saja yang memang perlu diikhlakskan supaya tidak gampang stres.

 

 

 

 

2. Sayangi Diri Sendiri

perempuan dan rekomendasi buku bagus semangat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/saltdium

Saat tak ada orang yang bisa memotivasi atau menguatkan diri kita, maka hanya diri kita sendiri yang punya kemampuan melakukannya. Maka, sebelum kita menuntut untuk diperhatikan orang lain, kita perlu memperhatikan diri ktia sendiri. Menyayangi diri sendiri merupakan langkah awal untuk menyayangi kehidupan. Sehingga sekeras apa pun kehidupan menguji kita, kita bisa tetap menjalaninya dengan hati yang teguh.

3. Terbuka Menerima Ketidakpastian

perempuan dan semangat hidup
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/chombosan

Ketidakpastian adalah bagian dari kehidupan. Kita pun tak bisa selalu memastikan segalanya berjalan sesuai dengan keinginan dan harapan pribadi kita. Terbuka menerima ketidakpastian akan memudahkan kita untuk lebih waspada menghadapi naik turunnya hidup. Serta, tidak mudah panik saat mengalami masalah hidup.

 

4. Sederhanakan Kebahagiaan

cinta bertepuk sebelah tangan perempuan
Selalu ada cinta yang lebih baik./Copyright shutterstock.com/g/wilaiporn+Hancharoenkul

Mengutip buku Happiness Inside, kebahagiaan adalah sesuatu yang sangat sederhana, dan saking sederhananya sampai-sampai tidak banyak yang percaya. Pada dasarnya, semua perangkat kebahagiaan itu ada dan selalu ada dalam diri setiap manusia. Kita bisa mencoba menyederhanakan kebahagiaan. Tak harus mengikuti standar atau cara orang lain untuk meraih kebahagiaan. Kita bisa menciptakan kebahagiaan sendiri melalui hal-hal sederhana yang ada di dekat kita.

5. Bebaskan Diri Membuat Pilihan Hidup

perempuan dan cinta yang biasa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Mengutip buku Man's Search of Meaning, "Apa pun bisa dirampas dari manusia. Kecuali satu: kebebasan terakhir seorang manusia, kebebasan untuk menentukan sikap dalam setiap keadaan. Kebebasan untuk memilih jalannya sendiri." Kita bisa membuat pilihan hidup kita sendiri dan punya kebebasan menentukan ingin melakukan apa. Tentu saja ada konsekuensi yang menyertainya, tapi pada dasarnya apa pun pilihan hidup yang kita ambil akan selalu ada hal-hal yang perlu kita pertanggungjawabkan. Jadi, membebaskan diri membuat pilihan hidup bisa membuat kita senantiasa bersemangat jalani hidup.

Terlepas dari semua badai kehidupan yang pernah atau akan menghampiri, tetap jalani hidup dengan sebaik-baiknya, ya. Terima kasih sudah berjuang dan bertahan hingga saat ini, kamu luar biasa.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela